Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

Arti Domain dan WebHosting

Istilah domain di dunia Internet atau Web sering digunakan secara sinonim dengan "nama domain". Tutorial Blogger proBlogiz akan memberikan sedikit tentang pengertian Domain dan WebHosting, sebab jika Anda mempunyai sebuah blog atau website sendiri tentu Anda harus memahami betul apa Arti Domain dan WebHosting. 

Domain adalah :
Arti Domain dan WebHosting
  • Sekelompok komputer dan perangkat pada jaringan yang dikelola menjadi satu-kesatuan dengan aturan dan prosedur secara umum. Dalam Internet , domain didefinisikan oleh alamat IP . Semua perangkat berbagi secara umum dengan alamat IP yang sama domainya. 
  • Dalam teknologi database, domain mengacu pada uraian suatu atribut nilai-nilai yang diperbolehkan.Secara fisik adalah seperangkat nilai atribut yang dipunyai, secara semantik, atau logis menerangkan arti dari atribut.

Jadi secara umum Domain atau Domain Name dalam dunia Web berarti nama yang mengidentifikasi sebuah situs Web. Domain name dipakai untuk menuju pada sebuah alamat IP. Misalnya, "microsoft.com" adalah nama domain dari situs Web Microsoft.
Sebuah server Web tunggal dapat melayani situs Web untuk beberapa nama domain, tetapi satu nama domain dapat menunjuk hanya satu mesin. Sebagai contoh, Apple Computer memiliki situs Web di www.apple.com, www.info.apple.com, dan store.apple.com. Masing-masing alamat tersebut dapat dilayani pada mesin yang berbeda.

Kebanyakan situs web dimulai dengan "www" karena mereka menempatkan  www atau machine Web untuk perusahaan mereka. Sebuah perusahaan juga mungkin memiliki nama domain lainnya selain situs web, seperti situs FTP atau server email.

Beberapa contoh nama domain internet :
"about.com , navy.mil, harvard.edu, monster.ca, japantimes.co.jp, dublin.ie, gamesindustry.biz, spain.info, sourceforge.net"

Bagaimana Nama Domain Dibaca.

  • Nama domain diatur dari kanan ke kiri, dengan penjelasan umum di kanan, dan penjelasan specifik di kiri. Hal ini seperti nama keluarga di kanan, nama orang nya di kiri. 
  • Nama "Top Level Domain" (TLD, atau domain induk),seperti .com, .net, .edu, dll berada di ujung paling kanan nama domain. Domain tingkat menengah ada di tengah. Nama mesin Web, biasanya "www", ada di paling kiri. 
  • Tingkatan domain biasanya dipisahkan oleh "titik" (dot).
Contoh :           www.about.com
                        about adalah domain tingkat menengah, com adalah domain tingkat atas.

note: Sebagian besar server Amerika menggunakan tiga huruf domain tingkat atas (misalnya "com.", "edu."). Negara-negara selain Amerika Serikat sering menggunakan dua huruf, atau kombinasi dua huruf (misalnya "au.", "Ca.", ". Co.jp").

Nama Domain Tidak Sama dengan URL

Secara teknis benar, nama domain umumnya bagian dari alamat Internet yang lebih besar yang disebut "URL". URL masuk ke detail lebih dari nama domain, menyediakan lebih banyak informasi, termasuk alamat halaman tertentu, nama folder, nama mesin, dan protokol bahasa.

Contoh URL (Uniform Resource Locator) :
           
              "http://problogiz.com/internet/arti domain.html"

Nama yang dicetak tebak adalah nama domainnya.

Definisi Dari Hosting atau Web Hosting

Hosting juga dikenal sebagai  Webhosting adalah tempat untuk menyimpan semua isi halaman website Anda dan membuatnya bisa terhubung atau acces ke Internet. Bila Anda membuat situs Web, tentunya Anda membutuhkan tempat untuk menempatkan situs Anda. Ini memungkinkan website Anda untuk dapat dilihat di Internet 24 jam sehari, 365 hari setahun.
Web server (penyedia layanan Webhosting) biasanya menawarkan konektivitas Internet tanpa gangguan, juga menawarkan layanan tambahan seperti e-mail, ftp, database, serta  memanfaatkan bahasa pemrograman yang berbeda seperti: perl, php, java, xhtml, html dan lain-lain.

Ada banyak layanan Web Hosting di Net yang akan memungkinkan Anda untuk memasang halaman web Anda dan banyak dari mereka akan menyediakn secara gratis. 
Seperti situs ini, dan para Blogger juga umunya menggunakan Webhosting yang disediakan oleh Google secara gratis.


Baiklah sobat proBlogiz , semoga ulasan Arti Domain dan WebHosting ini bisa bermanfaat.

Senang rasanya bila Anda dapat memberi saran serta sharing infonya disini.



Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

2 komentar

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|