Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.


proBlogiz

Markup W3C Validator

Tentang Markup W3C Validator 

W3C Markup Validator adalah layanan gratis oleh W3C yang membantu memeriksa keabsahan/kevalidan sebuah Web dokumen (HTML). Pada dasarnya Web dokumen ditulis menggunakan bahasa markup, seperti HTML, HTML 5 atau XHTML. Bahasa-bahasa markup ini ditentukan oleh spesifikasi teknis tertentu, termasuk juga machine-readable formal grammar (tata bahasa agar dapat terbaca dengan benar). Nah,pemeriksaan dokumen terhadap kesalahan atau eror ini disebut validasi, dan adalah fungsi dari Markup Validator.
Jika Anda tertarik untuk memeriksa/cek dokumen HTML blog Anda, ikuti informasi ini mengenai Apa dan Bagaimana Markup W3C Validator Itu?

Kenapa Harus Valid?

Sejak versi aslinya W3C Markup Validator ditulis pertama kali oleh Nick Kew of WebÞing Ltd (pada awalnya untuk kebutuhan validating situs-situs mereka saja), layanan ini telah diperbarui dari waktu ke waktu, terutama berkat banyak penulis web yang berbagi pemikiran mereka sendiri dan motivasi untuk menggunakan Web Quality checking tools.

Mungkin timbul banyak pertanyaan dibenak Anda, kenapa harus susah-susah web dokumen divalidasi? Web site saya baik-baik saja kenapa harus divalidasi lagi? Validasi hanya membuat situs nampak monoton dan kurang menarik?
So, mungkin beberapa jawaban ini dapat sedikit melegakan Anda :

Validasi adalah debugging tool.

Markup yang tepat adalah sangat penting. Hanya karena beberapa markup valid bekerja di versi terbaru dari browser Anda, tidak berarti bahwa itu akan tetap bekerja dalam versi masa depan. Browser cenderung lebih dekat ke HTML standar sedangkan HTML non-standar memiliki kesempatan lebih tinggi gagal.

Validasi juga adalah bukti kualitas dokumen di masa datang. 

Walaupun halaman "menampilkan dengan baik" di beberapa browser kontemporer adalah jaminan yang masuk akal bahwa halaman akan "bekerja" saat ini, tapi itu tidak menjamin bahwa ia akan bekerja besok.

Validasi memudahkan pemeliharaan.

Standar HTML dan CSS sebagai bentuk "gaya pengkodean" yang disepakati secara global adalah hal yang rasional. Membuat halaman web atau aplikasi yang sesuai dengan gaya pengkodean dan diterima secara luas akan membuat lebih mudah untuk maintenance, bahkan jika pemeliharaan dan pengembangan dilakukan oleh orang lain sekalipun.

Validasi mengajarkan praktik yang baik.

Bagi webmaster profesional yang sudah bertahun-tahun berkarya menggunakan HTML dan CSS tentu tahu teknologi ini dengan hati. Bagi pemula ini merupakan wadah perkenalan lebih baik terhadap standard pengkodean dan bahasa markup lebih jauh lagi.

Validasi adalah bukti profesionalisme.

Kenyataannya hanya ada sedikit sekali sertifikasi bagi para web profesional , dan hanya beberapa sekolah/universitas yang mengajarkan teknologi web. Banyak yang mempelajari teknologi web dengan cara otodidak dan mencapai keberhasilan yang beragam. Pengalaman, akan membawa web profesional menciptakan web konten menggunakan semantic dan well-formed markup. Validasi ini kemudian berfungsi sebagai bentuk profesionalisme dari seorang author HTML dengan hasil karyanya yang bersih.

Bagaimana Cara Cek Validasi HTML dengan Markup W3C Validator

Beberapa waktu lalu, saya mencoba check dokumen blog Problogiz (saat itu masih menggunakan dokumen XHTML 1.0 Strict) di situs Markup W3C Validator, setelah meilhat hasilnya.....wah!! errornya sampai 266, warning 14 (wow sambil koprol!!). Saya biarkan eror itu, soalnya saya juga berencana convert ke HTML 5.
Seminggu kemudian setelah konvert, saya mencoba kembali periksa blog ini lagi ternyata eror yang sengaja saya biarkan tadinya telah berkurang menjadi 40-an dan 7 warning. (wow sambil ngesot!!).

Selanjutnya saya mulai memperbaiki kesalahan-kesalahan markup HTML 5 tersebut satu per satu dengan sabar, dan lumayanlah hasilnya berubah menjadi error 0 error dan 3 warning (2 warning disebabkan saya menggunakan eleman baru HTML 5, scoped attribute yang belum support bowser).....seperti dokumentasi dibawah ini:
Klik link ini untuk melihat hasil Validasi site Home Problogiz : http://validator.w3.org/check?uri=http%3A%2F%2Fproblogiz.blogspot.com%2F

* sementara saya hanya dapat menampilkan Hompage saja yang valid, untuk bagian halaman post belum sepenuhnya valid (belum sempat edit error bawaan blogger dan threaded comment)

Problogiz Markup W3C Validator


Note: Jangan ketinggalan update artikel selanjunya Sob, yang membahas Macam-macam eror di Markup W3C Validator serta juga solusi mengatasinya!!

Kembali ke cara kerja Markup W3C Validator, Anda bisa memeriksa dokumen web/blog di W3C Validator secara gratis, kapanpun saja. Kalau Anda belum pernah mencobanya, saya sarankan untuk segera melakukanya untuk kebaikan blog Anda.

Anda diberi 3 opsi mode cek validasi HTML , yaitu:
  • Validate by URI : dengan hanya memasukan Alamat/Url Blog Anda (misal: http://problogiz.blogspot.com/).
  • Validate by File Upload : dengan upload file/dokumen template Anda dari PC, Laptop, device lainnya (biasanya berupa file xml.extensi).
Klik pada link More Options, untuk mengatur dan memilih proses dan hasil validasi.
Character Encoding : biarkan kosong jika ingin deteksi otomatis
Document Type : biarkan kosong jika ingin deteksi otomatis
List Messages Sequentially : daftar laporan hasil secara beurutan
Group Error Messages by Type : pesan kesalahan dikelompokan menurut jenis/type
Show Source : menampilkan sumber seluruh kode
Show Outline : menampilkan line pada pesan kode yang eror
Verbose Output : menampilkan pesan secara rinci
  • Validate by direct input : dengan cari memasukkan/copy pasta seluruh kode template Anda langsung pada form validasi yang disediakan.
Jangan lupa untuk memilih salah satu :
Validate Full Document : untuk deteksi otomatis.
Validate HTML fragment : untuk validasi frgamen HTML (pilih yang sesuai dokumen Anda, HTML 4.01 atau XHTML 1.0)

Setelah selesai memilih salah satu mode diatas Anda bisa langsung klik Tombol Check untuk memeriksa markup HTML Anda.
Markup W3C Validator Service
Khusus HTML 5 markup validasi:
The validator checked your document with an experimental feature: HTML5 Conformance Checker. This feature has been made available for your convenience, but be aware that it may be unreliable, or not perfectly up to date with the latest development of some cutting-edge technologies.
Perlu dicatat bahwa W3C’s HTML5 validation adalah "eksperimental", karena masih tahap progress yang sedang berlangsung, sehingga mungkin akan melihat banyak perubahan selama beberapa tahun kedepan. Juga, kita tidak harus menyebutnya lagi sebagai "validator" lagi; sekarang lebih tepat disebut sebagai "checker kesesuaian".

Good Luck!! Kawan
Jangan lupa saling berbagi pengalaman Anda setelah "CheckMarkup W3C Validator di form komentar ini, OK!

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

13 komentar

wahhh sob..punya sy banyak banget
Result: 198 Errors, 195 warning(s)
terus pengaruhnya apa sob..
d tunggu update berikutnya..

REPLY

santai aja mas bro:)
secara langsung ga ada, cuma penggunaan well formed HTML markup dari beberapa sumber akan mengurangi pemakaian bandwith, aman di browser2 standard/kontemporer

REPLY

saya sudah mengubah dari bagian paling atas template sampai skin CDATA dengan html5, dan errornya sangat berkurang banyak, hanya saja tadi ketika ingin mengeposkan "cara agar blog banyak komentar" malah terjadi duplicate title. dan di utak atik, masih belum bisa juga, apalagi saya ingin optimasi seo pada tag title. Jadi daripada pusing , saya ubah lagi ke template yang lama. Dan memang validatorW3 ini bagus, saya jadi tahu kalau pada blog saya terjadi duplicate hcard, ini karena penambahan script untuk mengatasi error update dan author pada richneshet. Intinya saya menunda dulu html5 karena terlalu banyak percobaan sepertinya mengurangi kecepatan indeks google pada blog saya.

REPLY

title apa? title blog apa judul postingannya yang duplikat?di meta tagnya berarti ada double title tag,sayang ga bisa lihat kode meta tagnya:)
iya tapi klo msh ragu jangan dulu sebab ga cuma meta tag tapi kode-kode HTML,semantic juga berubah mas penulisanya

REPLY

Wah ni saya ngak pernah cek validasi template yang saya pakai, nanti akan coba cek dan semoga bisa lolos validasi..
terima kasih infonya

REPLY

semoga valid gan:)
error pun kan bisa diperbaiki

REPLY

Artikelnya bgs gan sangat membantu.
Setelah saya Cek Eorr saya bengkak nya gk ketulungan gan 443 erorr dan 53 Warnings
Sudi kira nya agan membantu saya untuk memeprbaiki Eror tersebut, mohon bantuannya bagi newbie sperti saya!!!
Trims..

REPLY

Kelebihan HTML 5 apa mas?. Apakah validasi w3c ini juga berpengaruh pada tampilan blog yang berbeda-beda bila dibuka dengan berbagai macam browser?

REPLY

Bagaimana cara memperbaikinya ya sob... maklum saya masih awam dalam hal html... Informasi yang bermanfaat, makasih :)

REPLY

aduh 55 errors and 22 warnings (koprooool) kang

REPLY

Saya sedang dalam proses memvalidasi... perlu guru..

REPLY

https://validator.w3.org/nu/?showsource=yes&showoutline=yes&showimagereport=yes&useragent=Validator.nu%2FLV+http%3A%2F%2Fvalidator.w3.org%2Fservices&acceptlanguage=Indonesia&doc=https%3A%2F%2Ftempatservicehpdibandarlampung.blogspot.com%2F

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|