Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

Cara Membuat Tombol Media Share Valid HTML 5

Valid HTML 5 Google Plus, Facebook Like, Twitter Button Share

Penggunaan button share Google Plus (Google +), Facebook Like, Twitter di halaman blog tak diragukan peranannya dalam meningkatkan traffik/pengunjung blog dengan cara  berbagi link halaman atau artikel/postingan dengan teman atau kenalan di media sosial seperti Twitter, Google Plus dan Facebook. Artikel Valid HTML 5 Google Plus, Facebook Like, Twitter Button Share ini dapat Anda pertimbangkan jika Anda menginginkan tombol share yang valid HTML 5 dan tidak akan mendapatkan komplain pesan eror dari W3C Validator.

Ada banyak sekali tutorial Blogger yang telah menyediakan kode dan script seperti  button/tombol media share widget, floating share button widget, mashable float button/tombol share dst. Namun kebanyakan code maupun script yang digunakan tidak valid HTML 5. Kadang kita menemui pesan error validasi di W3C Validator seperti :
  • Element name fb:like cannot be represented as XML 1.0
  • Element fb:like not allowed as child of element div in this context.
  • Element name g:plusone cannot be represented as XML 1.0.
  • Element g:plusone not allowed as child of element div in this context. (Suppressing further errors from this subtree.), dst.

Eror-eror diatas antara lain yang sering dijumpai di W3C Validator (termasuk pengalaman saya sendiri) yang  umumnya bersumber dari Widget Button Share pada halaman post blog.

Untuk mengatasi eror validasi HTML 5 button/tombol share Google Plus, Facebook Like, dan Twitter tersebut, saya mencoba membagi solusinya dibawah untuk blogger yang mengalami hal yang sama (semoga bisa membantu)

Berikut contoh dokumen kode dan script Valid HTML 5 Google Plus, Facebook Like, Twitter Button Share:

<!DOCTYPE html> <html> <head> <meta charset="utf-8"> <title>Share Button Valid HTML 5 by Problogiz</title> </head> <body> <div id='sharebox'> <!-- Google+1 Button --> <!-- Place this tag where you want the +1 button to render --> <div class='wdt'><div class='g-plusone' data-size='tall'></div></div> <!-- Tweet Button --> <div class='wdt'><a href="https://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-url="http://problogiz.blogspot.com/" data-via="problogiz">Tweet</a></div> <script>!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src="//platform.twitter.com/widgets.js";fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,"script","twitter-wjs");</script> <!-- Facebook Like --> <div class='wdt'><div id='fb-root'> <script>(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = &quot;//connect.facebook.net/id_ID/all.js#xfbml=1&quot;; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, &#39;script&#39;, &#39;facebook-jssdk&#39;));</script><div class="fb-like" data-href="http://problogiz.blogspot.com/" data-send="false" data-layout="box_count" data-show-faces="true" data-font="arial"></div></div></div></div> </body> </html>

Setelah kode button share cek validasi HTML 5 melalui Direct Input di W3C Validator, hasilnya sukses as HTML 5 dokumen :

Valid HTML 5 Google Plus, Facebook Like, Twitter Button Share

Note: Untuk mengecek validitas dari Buton Share tersebut saya sarankan untuk menggunakan kode dokumen HTML 5 diatas secara Direct Input, walaupun saya menggunakan Buton Share ini juga disetiap halaman post blog ini, tapi belum semua halaman post blog ini Valid HTML 5 kecuali Halaman Home Problogiz yang sudah benar valid HTML 5. (belum sempat edit error validitas bawaan blogger di post main dan comment threaded)

Button Google Plus (Google +) Valid HTML 5

Untuk membuat Button Google Plus (Google +) yang Valid HTML 5, Anda tidak perlu susah mencari solusi kemana-mana, sebab Google telah menyediakan kode button +1 khusus untuk HTML 5 dengan kostum button size juga teknik mengurangi load time. Kunjungi Google Developers untuk membuat valid button +1  : https://developers.google.com/+/plugins/+1button/

Pertama Anda harus menempatkan kode Javascript berikut, sebelum tag </head>

<script src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>

Jika Anda telah memasangnya, lewati saja langkah ini, tidak perlu memasang lagi.

Basic tag button Google Plus, sederhana seperti berikut:

<g:plusone size="tall"></g:plusone>

Untuk membuatnya valid untuk HTML 5, dibutuhkan class attribute pada kode g-plusone, dan penambahan awalan "data-"  setiap atribut tombol/button, sehingga kode valid Button G+ seperti berikut:


<div class='g-plusone' data-size="tall"></div>


Ada beberapa pilihan ukuran dan type anotasi pada button +1, yang dapat Anda pilih di  Google Developers, seperti : anotasi bubble: size small, size medium, size standard dan size tall.

Kemudian "Asynchronous JavaScript loading" yang berfungsi mempercepat loading time button +, Code Asynchronous JavaScript berikut letakkan tepat dibawah tag </div> dari kode button diatas.


<script type="text/javascript"> (function() { var po = document.createElement('script'); po.type = 'text/javascript'; po.async = true; po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s); })(); </script>

Button Facebook Like Valid HTML 5

Sama dengan Google +, situs jejaring sosial Facebook juga menyediakan pilihan untuk button share dan button  Facebook like yang valid HTML 5. Untuk membuat button FB Like valid HTMl 5 berikut langkah-langkahnya:
  1. Kunjungi situs Facebook Developershttp://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/
  2. Masukkan url Blog Anda
  3. Jangan dicek box Send Button
  4. Pilih Layout Style : button_count atau box_count
  5. Pilih ukuran button default
  6. Pilih Verb to display: like
  7. Klik tombol Get Code
  8. Setelah muncul Window Pop Up, pilih opsi HTML 5 ( ada pilihan HTML5 XFBML IFRAME URL),

lihat screenshot :
Button Facebook Like Valid HTML 5

Kode yang ditandai dengan highlight tersebut adalah kode button Like Facebook valid HTML 5, gunakan semua kode tersebut sebagai share button Anda seperti  contoh dokumen diatas.

Button Share Tweet Valid HTML 5

Untuk button share Tweet, Anda dapat membuatnya di situs resourcesnya : https://twitter.com/about/resources/buttons#tweet
  1. Pilih Share Button
  2. Pada Button Option,
  3. Pilih Share URL: Use the page URL
  4. Tweet text: Use the title of the page
  5. Cek box Show count
  6. Masukkan ID Tweet Anda di form: Via@ 
  7. Pilih Bahasa

Anda bisa melihat Preview dan Code button di kolom sebelah kanannya, copy semua kode tersebut dan gunakan sebagai button share Tweet Anda yang valid HTML 5. Kodenya kurang lebih seperti berikut :


<a href="https://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-via="problogiz" data-related="problogiz">Tweet</a>


Cuma kelemahan pada button share Tweet ini, ukuran button dan box bubble-count: vertikal secara default (minimal) masih tampak terlalu besar jika dibandingkan dengan button Facebook Like dan Google Plus ( data-count = 'vertikal'), sehingga untuk contoh button share yang saya gunakan (sebelah kiri main post) memakai default data-count: horizontal.

* Jika Kawan Blogger ada yang tau cara membuat ukuran bubble-count button Tweet lebih kecil (khususnya pada posisi 'vertikal'), mohon berkenan dishare Sob, thanks sebelumnya:)

Baiklah Sob, setelah Anda memahami cara membuat button/tombol share Valid HTML 5 Google Plus, Facebook Like, Twitter. Lihat juga artikel selanjutnya "Cara Buat Floating Button Share valid HTML 5 di Blogger" yang membahas bagaimana penerapannya button/tombol share tersebut di setiap halaman posting blog kita. 

So don't miss it, ok
Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

14 komentar

saya lebih baik pakai widget addthis aja hehehe :D

REPLY

boleh saja addthis juga ok:)
udah support HTML 5 ya

REPLY

Thank's gan atas informasi yang bermanfaat ini.

REPLY

sama2 gan:)
thanks udah mampir

REPLY

Assalamu alaikum mas boleh ga' artikel2 nya saya copas di website saya www.raudhatulfitrah.com dan boleh ga' kita tukaran link, kalau boleh kirim konfirmasinya ke email sya ya... perdana_16@yahoo.co.id

REPLY

copas? etikanya ga boleh copas itu mas
bisa2 kena google panda
http://problogiz.blogspot.com/2013/01/google-penguin-dan-google-panda-apa.html

REPLY

thanks sob....
kunjungan balik sob ya..
masih banyak yg harus pahami eputar Valividasi sob..
http://mitradecapri.blogspot.com/

REPLY

kalau cara buat social media share seperti di blog ini gimana mas?

Mohon share tutorialnya... :)

REPLY

Biar jarak antar kedua tombol share twitter itu nggak jauh bagaimana ya ?

REPLY

Artikel sangat berkualitas :)

REPLY

penjelasannya kurang gan,,tentang kode fans pagenya yang paling atas di taroh dimana.>?

REPLY

thank's gan.. :) visit me gan.. http://dumay4.blogspot.com :) mklum masih baru

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|