Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

Pengertian Komputer?

Apakah pengertian komputer itu?  komputer adalah seperangkat komponen elektronik yang berkemampuan memanipulasi atau mengolah informasi, atau "data." Memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Anda dapat menggunakan komputer untuk menulis dan menyimpan dokumen , kirim email, dan browsing internet. Anda juga dapat menggunakannya untuk menangani spreadsheet, akuntansi, manajemen database, presentasi, permainan, dan banyak lagi.

Komputer Dasar

Untuk pemula pengguna komputer, mungkin mengalami kebingungan memahami sebuah komputer yang terdiri dari seperangkat elelktronik yang rumit. Namun, komputer sebenarnya tidak terlalu rumit. Semua jenis komputer terdiri dari dua bagian dasar:

  • Hardware adalah bagian dari komputer Anda yang memiliki struktur fisik, seperti monitor komputer, motherboard atau keyboard.


Motherboard
Motherboard ( Hardware )
  • Software adalah seperangkat instruksi yang memberitahu perangkat keras (hardware) apa yang harus dilakukan. Berfungsi memandu hardware dan mengarahkan bagaimana menyelesaikan setiap pekerjaan (task). Beberapa contoh perangkat lunak atau software yaitu web browser, permainan (game), dan pengolah kata seperti Microsoft Word. 
Microsoft Word
Microsoft Word ( Software )

Apabila Anda membeli sebuah komputer,komputer Anda  dapat diklasifikasi sebagai hardware atau software. Setelah Anda mempelajari lebih lanjut tentang item ini, komputer sebenarnya sangat mudah.

Tahukah Anda? Komputer pertama, Integrator Numerik Elektronik dan Komputer (ENIAC), dikembangkan pada tahun 1946. Butuh ruang sampai 1.800 meter persegi dan beratnya 30 ton.

Jenis-jenis Komputer

Kebanyakan orang ketika mendengar kata "komputer" maka itu pasti Personal Komputer ( PC ) seperti desktop komputer atau laptop. Namun, sebenarnya komputer bisa dikenali dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan mempunyai fungsi yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda menarik uang tunai dari ATM, scan daftar belanja kita di toko, atau menggunakan kalkulator, Anda sebenarnya menggunakan beberapa jenis komputer yang berbeda.
  • Komputer Desktop 
Desktop Komputer
Desktop Komputer
Umumnya orang menggunakan komputer jenis ini di tempat kerja, sekolah, rumah, atau perpustakaan. Ukuranya pun beragam ada yang kecil, menengah, maupun besar, dan biasanya duduk di meja. Setelah Anda menambahkan monitor, mouse, dan keyboard, maka inilah yang menjadi typikal dari sebagai komputer desktop. 

Sebagian besar komputer desktop mudah untuk ugrade  atau menambahkan spare part atau komponen baru. Keuntungan lain dari komputer desktop adalah biaya. Jika Anda membandingkan komputer desktop dan laptop dengan fitur yang sama,  kemungkinan besar  komputer desktop harganya yang lebih murah.

Beberapa komputer desktop memiliki monitor built-in untuk menghemat ruang. Ini sering disebut all-in-one komputer desktop.

    Laptop
    Laptop
  • Laptop
Jenis  komputer kedua yang sudah akrab ditelinga kita adalah laptop. Penggunaan  baterai atau AC-powered yang lebih portabel daripada komputer desktop, memungkinkan anda untuk menggunakannya di mana saja.
Karena bentuk laptop lebih kecil dari desktop, akan sulit untuk mengakses komponen internal. Itu berarti Anda tidak mungkin dapat meng-upgrade laptop semudah pada desktop komputer. Namun, biasanya memungkinkan untuk menambah RAM atau hardisk yang lebih besar.
Laptop kadang disebut juga dengan nama notebook, karena ukuranya yang relatif kecil
  • Server
Server
Server
Server adalah sebuah komputer yang "menyajikan" informasi ke komputer lain dalam satu jaringan. Banyak perusahaan memiliki file server yang bisa digunakan  untuk menyimpan file dan  berbagi bagi karyawan-nya.  Sebuah server dapat berbentuk seperti sebuah komputer desktop biasa, atau itu bisa jauh lebih besar. 

Server juga memainkan peran penting dalam dunia internet : disinilah dimana halaman web disimpan. Bila Anda menggunakan browser  untuk mengklik sebuah link, web server mengirimkan halaman yang Anda minta.

  • Jenis Komputer Yang Lain
Saat ini, ada banyak perangkat sehari-hari yang pada dasarnya adalah berbasis komputer , meskipun kita tidak selalu menganggapnya sebagai komputer. Berikut adalah beberapa contoh umum:

Tablet: biasanya menggunakan layar sentuh yang sensitif untuk mengetik dan navigasi. Karena tablet ini tidak memerlukan keyboard atau mouse, maka lebih portabel daripada laptop. iPad adalah contoh dari sebuah komputer tablet.
Handphone: Banyak ponsel dapat melakukan banyak hal seperti layaknnya sebuah komputer, seperti browsing internet atau bermain game. Ponsel ini sering disebut smartphone.
Game Consoles: Konsol game adalah jenis khusus dari komputer yang digunakan untuk bermain video game. Meskipun  tidak sepenuhnya-berbentuk seperti komputer desktop, konsol terbaru, seperti Nintendo Wii, memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan non-game seperti browsing internet.
Televisi: Kebanyakan TV sekarang sudah menggunakan aplikasi (atau apps) yang memungkinkan Anda mengakses berbagai jenis konten online. Sebagai contoh, Anda dapat melihat news feed Facebook atau menonton streaming film di Netflix.

Begitulah sedikit ulasan tentang arti komputer dan beberapa jenis-jenisnya , semoga artikel ringan ini bisa menambah sedikit informasi bagi sobat atau adik-adik yang konsern dengan perihal komputer.

Finally...nice to share

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

3 komentar

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|