Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.



Optimasi SEO OnPage Pada Blogger lebih mudah dan simple, disamping itu bukan merupakan hal baru kalau Blogger sekarang lebih peduli dengan SEO di platform mereka-khususnya mengenai Optimasi SEO OnPage, faktanya Blogger saat ini lebih memberikan kemudahan dan efisiensi kepada para penggunanya untuk meng-Optimal-kan SEO OnPage dengan menambah fitur-fitur baru. 


Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Optimasi SEO OnPage Pada Blogger

Pasang Tag Meta Deskripsi Blog

Fitur ini fungsinya sama dengan memasang meta tag deskripsi dinamis di template, Anda tidak dipusingkan lagi memasang tentang deskripsi blog di template. Karena di fitur ini lebih mudah dan praktis penggunaaanya, Anda hanya mengisi form dengan semua deskripsi tentang blog Anda.
Optimalkan deskripsi untuk SEO blog yang friendly, sebagai berikut :

  • Deskripsi untuk Homepage 
Login ---> Setelan---> Preferensi Penelusuran ---> Tag Meta

deskripsi seo onpage
deskripsi homepage

Isilah form diatas dengan deskripsi atau keterangan tentang Blog Anda, masksimalkan dengan memberi deksripsi yang jitu dan tepat menggambarkan tema blog. Anda bisa menulisnya hingga max 150 karakter disini.
  • Deksripsi untuk single post

Setiap menulis artkikel baru Anda bisa memberinya deskripsi penelusuran untuk mengarahkan postingan lebih mudah dimengerti oleh search engine. Berilah deskripsi yang menarik dan targetkan keyword tentang artikelnya yang sesuai dan jitu pula. Ini juga membuat hasil penelusuran di search engine lebih deskriptif tentang artikel Anda.
Saat Anda menulis artikel --->Post---> New Entri--->Setelan entri ---> pilih Deskripsi Penulusuran

deskripsi seo onpage
deskripsi posting

Isilah form diatas jangan dikosongkan sebelum publish artikel Anda, isi semenarik mungkin untuk menarik pengunjung ke web Anda

Pasang Label Artikel dan Tautan Permanen

Pemberian Label yang tepat akan memudahkan pengunjung blog dan berhubungan dengan breadcumbs yang akan ditampilkan di hasil penelusuran di search engine (SERP). Sedangkan pemasangan tautan permanen sangat penting bagi SEO, ini alamat URL artikel yang akan diindeks oleh search engine. Anda juga bisa merubah dari tautan URL otomatis ke URL khusus jika mau mengarahkannya sesuai kehendak kita.

setelan postingan
setelan posting

Pasang Alt dan Title pada image

Umumnya Search Engine hanya bisa mengerti / membaca artikel yang berbasis text format, sehingga bila dipostingan anda menyematkan sebuah gambar / image, hendak pasang Alt dan Titile Image agar gambar bisa dibaca atau diindek juga.
Kini untuk memasang alt serta title pada image tinggal klik gambar yang di-insert dalam postingan tersebut lalu pilih properties.

alt dan title image
pemberian alt text pada gambar

Pasang nofollow post link

Kadang Anda khawatir akan penempatan link ke situs-situs tertentu yang belum Anda percaya 100% dan memberi efek yang tidak diinginkan bagi blog kita, ini bisa diatasi dengan pemasangan atau merubah link menjadi nofollow.


nofollow post link
pasang nofollow post link


Pilih Add 'rel=nofollow' attribute utnuk post link nofollow
Pilih Open this link in new window untuk membuka link di window baru

Pengalihan Khusus

Untuk postingan yang telah usang ataupun mempunyai topik yang sama, anda dapat menghapusnya kemudian mengalihkan (redirect) ke artikel yang baru sehingga pengunjung tidak akan kehilangan isi blog anda.
Login ---> Setelan ---> Preferensi Penelusuran --->Pengalihan Khusus

pengalihan khusus
pengalihan khusus

Silahkan isi URL yang mau dialihkan ke URL baru tersebut.
Anda juga bisa memberi pesan khusus untuk halaman yang error atau tidak ditemukan.

Pasang robots.txt khsusus

Fitur ini berfungsi untuk mengatur atau mengontrol pola pencarian oleh search engine, dimana dengan mengatur robot.txt secara tepat dan benar membuat kita leluasa untuk memberikan halaman-halaman tertentu yang boleh diakses atau tidak bagi search engine.
Namun fitur ini lebih baik di biarkan secara default saja, terutama bagi yang baru mempunyi sebuah blog atau pemula, sebab pengunaan robot.txt yang salah malah akan membuat search engine enggan samasekali mengindeks page kita.


pasang robots.txt
pasang robots.txt

Tag header robot khusus

Untuk membuat beberapa aturan bagi search engine seperti noindex arsip dan sebagainya, kini tidak perlu memasang kode meta tag yang kadang menyulitkan, anda tinggal klik sesuai dengan keinginan.


tag header robot khusus
pasang tag header robot khusus

Tidak hanya berlaku untuk homepage, tag header bisa juga berlaku untuk setiap post.


tag header robot khusus
tag  header robot khusus

Fitur-fitur Blogger diatas sangat membantu dalam upaya peng-optimalan SEO OnPage blog Anda, ikuti dan terapkan diblog langkah-langkah diatas. Hasil optimasi ini akan berpengaruh langsung terhadap penelusuran dari search engine, baik Google Search Engine, Yahoo maupun Bing Search Engine dan sebagian besar search engine lainnya.

Mudah-mudahan artikel ini membantu dan menjawab permasalahan sobat.
Jangan sungkan berdiskusi dan share tentang artikel atau topik yang sama di form komentar dibawah untuk kebaikan bersama tentunya.

Salaam.....
Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

4 komentar

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|