Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.


proBlogiz

Apa Alexa Traffik Rank Itu?

Alexa Rank

Alexa.com adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Amazon.com, apa yang dilakukannya adalah memberikan rangking (peringkat) pada semua website, situs/blog yang aktif berdasarkan jumlah traffik/lalu lintas pengunjung. Posisi terbaik rangking Alexa saat ini ditempati oleh Facebook dan Google, masing-masing rangking 1 dan 2. Alexa sejak didirikan April 1996 sampai saat ini, telah memberikan layanan rangking traffik Alexa Rank kepada lebih dari 30 juta website di seluruh dunia. Situs Alexa dibangun dengan prinsip  informasi yang tepat waktu dan relevan bagi pengguna.

Alexa Site Info: sebuah database yang tak tertandingi yang memberi informasi tentang situs, termasuk statistik, related links, query, informasi penting untuk situs  dan  banyak lagi. Semua informasi ini dapat ditemukan pada halaman Info Alexa Site. Cukup ketik URL situs/blog ke dalam kotak pencarian Alexa dan klik tombol "Search".

Alexa Site Audit: Alexa akan crawl dan menganalisa situs Anda untuk memberikan pandangan mendalam tentang visibilitas situs Anda untuk mesin pencari, dan memberikan wawasan tentang optimasi, monetisasi dan kondisi secara keseluruhan dari situs Anda.

Alexa Top Sites: daftar Top Sites yang tersedia berdasarkan negara, bahasa atau dalam kategori. Anda dapat men-download file secara gratis dari jutaan situs global yang diurutkan berdasarkan Alexa Traffic Rank. Dibawah saya lampirkan Top 10 rangking website menurut peringkat Alexa Rank terbaru:


Top 10 Sites Alexa Rank
  1. Facebook : Sebuah situs jejaring sosial yang menghubungkan orang, sharing dan kontak dengan teman-teman, upload foto, berbagi link.
  2. Google : Sebuah Situs Mesin Pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dunia, termasuk laman web, gambar, dan video. dan banyak lagi....
  3. YouTube: YouTube adalah situs yang mneyediakan cara untuk mendapatkan, membagi video Anda ke orang-orang yang penting bagi Anda. Upload, tag dan berbagi dan banyak lagi....
  4. Yahoo!: Sebuah major portal internet dan penyedia layanan yang menawarkan hasil pencarian, konten disesuaikan, email, chat dan banyak lagi....
  5. Baidu: Sebuah situs pelopor mesin pencari berbahasa China yang menawarkan "simple and reliable" search eksperient.
  6. Wikipedia: Sebuah situs free ensiklopedia yang dibangun secara bersama-sama menggunakan perangkat lunak wiki.
  7. Windows Live: Sebuah mesin pencarian dari Microsoft.
  8. Amazon: Amazon.com dibangun sebagai perusahaan customer-centric yang mendunia, di mana pelanggan dapat menemukan berbagai macam produk.
  9. QQ.COM: Layanan portal terbesar dan paling banyak digunakan di Cina yang dimiliki oleh Tencent, Inc.
  10. Twitter: Jaringan sosial dan layanan microblogging dengan menggunakan pesan instan, SMS atau antarmuka web.

Alexa Ranking penting untuk bisnis online (entrepreneur online) dan blogger

Jika Anda adalah seorang pengusaha online adalah penting untuk memahami dan mengetahui bagaimana untuk mengiklankan dan mempromosikan produk dan jasa Anda di web. Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak pengusaha online mencoba untuk meningkatkan peringkat situs mereka dengan cara yang berbeda dan mengembangkan berbagai kata kunci dan frase yang digunakan orang di search engine untuk mencari informasi yang relevan yang mereka butuhkan.

Dalam pandangan pengusaha online/bisnis online, jenis traffik (lalu lintas) sangat penting untuk dipertimbangkan. Ini memberikan mereka kesempatan dalam memutuskan bagaimana seharusnya perusahaan dikembangkan ke arah yang tepat. Juga memperbandingkan dengan perusahaan online lainnya (pesaing) untuk memperoleh informasi penting, apa saja dan berapa biaya yang mereka gunakan dalam dominasi niche mereka misalnya.

Alexa Rank sangat penting bagi blogger, karena akan menentukan seberapa kredibel dan seberapa populer blog Anda. Jika Anda seorang blogger yang ingin memperoleh pendapatan (monetize blog) dari blog Anda, maka harus dipertimbangkan bahwa sebagian besar pengiklan menggunakan data dari Alexa untuk melihat lalu lintas situs/blog Anda. Jika situs tidak populer atau tidak berada diperingkat yang baik di Alexa, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan pengiklan di situs Anda. 

Setiap orang tentu memiliki rahasia dalam melakukan bisnis online atau monetisasi blog, kesempatan untuk akses ke sebuah alat atau layanan untuk mengetahui sekilas informasi tentang bagaimana pesaing Anda memperoleh keberhasilan dan bagaimana dapat menerapkan niche (tema) Anda dengan menggunakan beberapa teknik pesaing Anda. Nah salah satu alat atau layanan itu adalah Alexa Rank. 

Memang sudah saatnya harus mulai peduli tentang peringkat Alexa (Alexa Rank) bagi kita semua, mengingat semakin tinggi pengaruhnya terhadap nilai (value) sebuah blog/website. Bagi blogger (khususnya yang mau memperoleh uang pendapatan dari blognya) atau pengusaha online, harus memahami bahwa 85% lebih pengiklan, advertiser, bahkan layanan PPC seperti Adsense, Lokal PPC ads semua mengandalkan traffik atau lalulintas pengunjung (Alexa Rank) sebagai jaminan keberhasilan. Ada pula yang berpendapat mereka (pengiklan) semakin menjauh dari layanan 'Google Pagerank' sebagai tolak ukur, dan berpindah ke Alexa Rank sebagai selling point dari sebuah website. 

Benarkah Google Pagerank Sudah Tidak Penting Lagi? tunggu ulasan saya selanjutnya Sob!!

Posisi Ranking Alexa yang lebih tinggi tentu berarti lebih banyak uang yang mengalir ke saku Anda. Layanan ini semakin sering digunakan oleh para blogger, terlepas dari kenyataan bahwa angka rank ini mungkin bisa dimanipulasi. Yang jelas dari situ kita dapat penawaran iklan yang lebih tinggi, lebih populer, lebih banyak review dan lebih tinggi atau nilai sebuah blog yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Ranking ( merampingkan Alexa Rank)

Pertimbangkan Mulai Memakai Alexa Toolbar

Menggunakan toolbar Alexa adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat Alexa karena alat ini adalah metode yang paling penting Alexa gunakan untuk mendapatkan data peringkat, statistik, loading time blog, behavior visitor yang memiliki toolbar diinstal. Jika Anda tidak ingin memiliki toolbar keseluruhan hanya untuk memeriksa peringkat Alexa saja atau memeriksa Alexa Rank situs lain, Anda dapat menginstal Addon untuk browser favorit Anda, untuk pengguna Chrome, plugin bagus SeoQuake Lite, dan untuk Firefox, Search Status add on. Dengan Toolbar Alexa di browser, Anda memiliki kesempatan dalam monitoring secara konsisten dan menjadi ukuran produktif sebuah blog

Cobalah juga untuk mengajak atau mendorong teman yang lain menggunakan Toolbar Alexa, Anda dapat download Alexa Toolbar di link ini : Alexa Toolbar Free Download

Claim Blog/Website Anda

Ini penting untuk mendapatkan kontrol penuh atas situs/blog Anda. Claim situs pada Alexa.com akan membantu orang lain  mengetahui siapa yang memiliki situs dan membantu memperoleh peringkat yang lebih baik di Alexa.

Buat dan Update Konten Berkualitas Secara Konsisten

Ini sudah menjadi sebuah "classic advise" bagi blogger (khusus yang baru blogging), Artikel atau konten yang berkualias adalah jaminan untuk mendapatkan traffik yang banyak. Orang akan mencari dan pasti menemukan artikel Anda, original dan unik tentunya. Buat tulisan semenarik mungkin, buat mereka (visitor) tidak hanya melihat dalam hitungan detik saja tapi buatlah sesuatu yang lebih agar mereka mau berlama-lama, ini tentu berkaitan dengan peningkatan Pageview juga, buat mereka terlibat dan beriteraksi dalam blog dengan komentar-komentar mereka pada artikel-artikel Anda, buat mereka mengerti konten dan topik blog Anda.
Satu lagi yang penting, jangan mengharapkan artikel Anda akan menarik dan unik jika Anda hanya mengandalkan ide-ide orang lain secara mutlak (copas). Tapi gunakan ide-ide yang lebih baik itu sebagai sumber acuan saja, pedoman untuk membuat artikel-artikel baru Anda (otomatis konten berbeda tapi idenya sama). Bukan konten yang banyak di blog tapi kualitas dan nilai konten yang lebih penting -
Those other sites are not bringing additional value. While they’re not duplicates they bring nothing new to the table.It’s not that there’s anything wrong with what these people have done, but they should not expect this type of content to rank. Matt Cutts_Google's head of webspam team.

Ok, kita bahas mengenai "Matt Cutts berbicara tentang konten" ini di artikel selanjutnya Sob:) 

Pasang Widget Alexa di Blog

Alexa telah menyediakan widget-widget untuk mempermudah Anda memonitor traffik dan data statistik blog, seperti Widget Traffik Alexa Rank dan juga Review Site Widget. Gunakan widget tersebut dan pasang di blog Anda. Jangan lupa juga untuk menulis Review tentang Blog Anda sendiri dan coba aja teman-teman blogger lainya untuk membuat review tentang blog Anda (saling tukar review) Ini membantu setidaknya kesempatan Anda mengetahui pendapat jujur dari teman Anda tentang blog Anda dan juga membuat blog semakin popular di kalangan blogger. Mau tukaran Review Blog dengan Problogiz? silahkan beri komentar dibawa ya.

Buatlah Tulisan atau Review berkaitan dengan situs-situs Terkenal atau Populer

Situs yang populer tentu mempunyai traffik yang besar, Anda dapat menulis tentangnya dan letakkan link yang menuju ke situs-situs tersebut. Jika webmaster pemilik situs suka dengan tulisan Anda dan menjadi salah satu fans Anda, ini berarti kemungkinan besar akan mendapatkan  banyak visitor dari mereka menuju ke situs Anda lebih. Cobalah juga membuat review tentang Alexa.com sendiri dan hubungkan sebuah link menuju situsnya

Promosikan Blog/Website Anda

Ini tentu Anda sebagian sudah sangat aktif melakukannya di situs-situs Sosial seperti Google Plus, Facebook, Twitter, Digg, Stumleupon dan lainnya. Berbagi posting Anda di jaringan sosial seperti diatas tidak hanya membawa lalu lintas atau traffik yang besar, tetapi juga membantu dalam meningkatkan Alexa Rank Anda.
Selain itu Anda juga bisa menulis Guest Post di situs seperti Technorati, Bloggers.com, Ping.sg atau situs-situs populer lainnya. Dengan menulis sebagai Guest Post dapat membantu membangun Backlink, semakin banyak backlink yang Anda dapat semakin baik pula Alexa Rank (repuatsi semakin tinggi). Promosikan blog Anda sebisa atau sebanyak mungkin, karena Alexa Rank memberi ranking berdasarkan traffik.

Coba Terapkan Tip Ini

Yang terakhir ini adalah cara meningkatkan Alexa Rank Traffik yang paling saya sukai (my favorite way), tip ini sih mudah tapi sangat membantu dan memberikan hasil lumayan signifikan untuk program perampingan (diet ketat) Rangking Alexa sekaligus kesempatan memperoleh peningkatan Pagerank lebih baik. 

Mau tahu caranya?
Klik DISINI dan DISINI


Semoga berhasil ya, dan Alexa Rangkingnya semakin baik dan juga Google Pagerank lebih baik di tahun 2013 ini, oh ya Update Google Pagerank sepertinya semakin dekat saja, udah baca belum artikelnya Prediksi Update Google Pagerank 2013?

Baiklah Kawan, itu sedikit sharing tentang Alexa Rank dan tip cara meningktakan atau merampingkan Rangking Alexa. Bingung juga kasi judulnya cara meningkatkan apa menurunkan ya? 

Banyak juga sih yang memperdebatkan apakah Ranking Alexa ini adalah benar-benar layak dan akurat?, atau hanya perhitungan metrik konyol saja. Kalau menurut saya pribadi Alexa Rank diperlukan sebagai suatu ukuran bagi  kepopuleran sebuah website/blog dilihat dari jumlah pengunjung yang datang per hari. Adapun apakah itu akurat atau tidak, kenyataanya ini berbanding lurus terhadap layanan monitoring dari Google Analytic. Kalau Anda melihat kembali analisa trafik di Google Analytic tidak jauh berbeda dengan Alexa Statistik. Kalau dari pengalaman pribadi memantau perkembangan blog ini, sekitar 2-3 bulan lalu rangking Alexa berkisar kurang lebih 600-800 ribu dan tarffik sekitar 400-500 sekitar bulan November, saat ini Alhamdulillah mengalami peningkatan sekitar kurang lebih 1000 per hari sebanding peningkatan Alexa Rank menjadi sebagai berikut:

Reputation
Global 154,482
Global Rank 
Indonesia Flag 1,416
Rank in ID 
Sites Linking In 

Angka ini juga berbanding lurus waktu saya compare dengan analisa traffik di layanan online Histats.com

Saya berkesimpulan bahwa Alexa Rank masih sangat dibutuhkan dan dapat di jadikan ukuran bagi kepopuleran sebuah Blog/Website. Bagaimana dengan Anda Sob? Ada pengalaman atau pendapat lain mengenai keberadaan dan peran dari Alexa Traffik Rank ini? Please share it with us..........

Jangan Lupa Tukeran Review Blog OK, klik bannernya di footer blog.

Salaam and Good Luck!!

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

32 komentar

untuk alexa sy masih bingung link reputasi itu gmana nambahnya ya sob? punya sobat sudah 100 tp punya saya masih 10..bisa tolong di bantu kawan... hee

REPLY

eh,,satu lagi ketinggalan,,
alexa sobat sdah sy review,,di tunggu review balik nya..

silahkan cek di sini
http://www.alexa.com/reviews/single/7471281

REPLY

Ok sob udah saya review back blognya:)
thanks,
reputasi tergantung jumlah backliknya ke blog Anda

REPLY

Meski saya masih bingung pahami maksudnya, tentang seluk beluk Alexa, tetap saya akui artikel yang bagus dan menarik.Trims kawan!

REPLY

terima kasih kawan:)
semoga bisa membantu

REPLY

Bagus sekali artikelnya... Tips dan tutorial alexa lengkap ... Thank's udah di share sob ...

REPLY

sangat bermanfaat sekali mas postingannya...
I like it.. :)

REPLY

@Masasha, @lukman hakim
terima ksih telah berkunjung sob:)

REPLY

ada yang pakai trik dengan pasang add on auto reload..karena alexa menilai berdasar pageview.. (katanya sih) :)

REPLY

iya bisa saja gan:)
Tapi Alexa juga ada Term of Use, tentang illegal praktek

REPLY

Thank's atas trik nya gan :D
blogwalking ::
http://riev-bapo.blogspot.com

:D

REPLY

ok mas terima ksih kembali:)

REPLY

Tips yang perlu dicoba juga nich,,thx udah di share bos...

REPLY

tukar rewiew...
boleh jg nie di coba......

REPLY

ternyata alexa ada review2nya ya, baru tau maklum newbie hehe. Suka bgt saya jalan2 di sini lengkap bgt ulasannya.

Saya sudah review Gan. Klo berkenan review balik ya di
http://www.alexa.com/siteinfo/loovomusic.blogspot.com

Thanks

REPLY

alexa kalo dipelajari mendalam emank rumit, tp kalo kita bisa backlink maka alexa kita bisa cepat naik rankingnya...

REPLY

wah keren juga nih artikel,,,,,,,,
oh ya mampir ke sini juga yah blulukz.blogspot.com
join/follow blog aku dan aku akan follow blog kalian juga

REPLY

Thanks infonya sob! Mampir ya ke dyanros.blogspot.com :)

REPLY

makasiihh gan atas infonya
salam kenal gan
http://www.rajalistrik.com

REPLY

artikel yang sangat berguna,,, salam kenal ijin meninggalkan jejak.. terima kasih
Tips SEO Marketing http://tips-seo-marketing.blogspot.com

Tips SEO Marketing

REPLY

wah artikelnys keren juns nih,,,,,,,

semoga sukses selalu

REPLY

wah artikelnya kren banget tu

semoga bermanpat

REPLY

thanks mas all of u
maaf baru bisa balas,
semoga bisa membantu:)

REPLY
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

I just read through the entire article of yours and it was quite good. This is a great article thanks for sharing this informative information. I will visit your blog regularly for some latest post....... by ACC 421 Week 1 provider.

REPLY

sangat bermanfaat ni artikelnyaaaa, baca juga yukkk http://www.en.netralnews.com/

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|