Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

proBlogiz

Google AdSense tutorial


Dalam perjalanan Blog ini yang tak terasa sudah memasuki bulan ke-4, mencari kesempurnan dan menuju perbaikan yang terus diupayakan baik dalam hal memberi informasi bermanfaat dan membangun sebuah blog yang lebih profesional untuk mencapai goal " blog sukses " yang diimpikan oleh hampir semua blogger, oleh karena itu proBlogiz akan memberi tutorial berseri tentang semua yang berhubungan dengan Google AdSense.

Siapa yang tidak mengenalnya? Adsense yang satu ini bak harta karun yang selalu menunggu untuk didapatkan semua orang, namun banyak juga yang kandas dan menderita dibuatnya. 

Seri tutorial kal ini saya fokuskan pada Apa Google AdSense Itu?-pengertian dan program AdSense, cara menghitung uang Anda di program layanan iklan ini, serta berapa uang yang akan Anda dapat dari Google AdSense. Baiklah untuk selengkapnya ikuti terus tutornya......... 

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, salah satunya cara yang terbaik adalah melalui Google Adsense. Dengan menggunakan sistem iklan target , memudahkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak lagi pendapatan dari blog/web Anda, tentu jika Anda memiliki situs yang baik dengan lalu lintas yang besar. 

Jadi Apakah Google Adsense Itu ?


AdSense (Google AdSense) adalah layanan penempatan iklan oleh Google. Program ini dirancang untuk website publiser (para pembuat blog) yang ingin menampilkan iklan yang berupa tekstual, video atau gambar pada halaman websitenya dan akan mendapatkan uang (earning) ketika pengunjung situs melihat atau mengklik iklan.
Google Adsense adalah program periklanan kontekstual dengan berbagai program Adsense. Anda hanya perlu sebuah website atau blog gratis dan Google melakukan sisanya.
Iklan ini dikendalikan dan dikelola oleh Google dan penerbit Web/blog hanya perlu membuat akun AdSense gratis dan copy dan paste kode iklan yang diberikan untuk menampilkan iklan. Pendapatan/penghasilan sebuah blog/web menggunakan Google AdSense bersumber pada basis per-klik (per-click basis) atau per tayang (per-impression basis). 

Google saat ini menawarkan sejumlah program AdSense yang berbeda, tergantung pada jenis konten blog/web Anda yang akan dipasang iklan (misalnya halaman web atau RSS feed). 

Contoh program Google AdSense yang umum antara lain:
  • AdSense untuk konten: menampilkan iklan di situs web/blog
  • AdSense untuk pencarian: menampilkan iklan di hasil pencarian di situs web/blog
  • AdSense untuk seluler: menampilkan iklan di situs mobile
  • AdSense untuk feed: menampilkan iklan di RSS feed
  • AdSense untuk domain: menampilkan iklan di domain yang tidak terpakai
Program AdSense juga tersedia untuk penayang/publiser dan pengembang berkualitas, dengan program AdSense untuk menghasilkan penghasilan dari aplikasi iPhone, video atau game web browser. Google saat ini menawarkan program AdSense berikut untuk penerbit yang memenuhi syarat:
  • AdSense untuk aplikasi mobile: monetize Android dan aplikasi iPhone
  • AdSense untuk TV: monetize inventori TV
  • AdSense untuk video: monetize konten video online
  • AdSense untuk permainan/game: monetize berbasis browser game

Penayang/publiser yang menyetujui program Google AdSense harus mematuhi beberapa aturan dasar dari Kebijakan Program AdSense dan harus pula memahami AdSense Terms and Conditions, dimana pihak Google sangat tegas dan bersifat sepihak dalam memberikan tindakan jika publiser melanggar aturan tersebut. Penindakan tersebut dapat berupa penon-aktifkan penayangan iklan ke situs blog Anda atau menonaktifkan akun AdSense Anda setiap saat.

Berapa Uang Yang Anda Dapatkan Dengan AdSense ?


Tidak ada batas dalam hal ini (the sky is the limit).Yang harus Anda lakukan adalah membuat orang datang ke situs Anda dengan konten yang tepat dan berkualitas, tulisan yang atraktif dan unik.

Komisi yang Anda terima per klik dari iklan di web/blog Anda tergantung pada berapa besar Pengiklan membayar Google untuk iklan tersebut. Dari situ Anda mendapatkan bagian, mulai dari 2 sen sampai 15 US $ per klik. Pengiklan biasanya membayar lebih untuk istilah-istilah populer karena istilah tersebut lebih banyak dicari orang.

Seberapa besar Anda akan memeperoleh uang dari Google Adsense tergantung pada antara lain :

1. Trafik / jumlah lalu lintas bertarget yang datang ke blog/web Anda 
2. Jumlah iklan yang sesuai dengan minat pengunjung blog/web Anda 
3. Penempatan iklan yang baik pada halaman blog/web Anda 
4. Dan yang terakhir tentu saja jumlah per klik yang Anda dapatkan

Bagaimana Menghitung Penghasilan Anda?


Jika diasumsikan bahwa Anda memiliki 10000 pengunjung (Unique Visitors) per hari, maka dapat dihitung sebagai berikut :

10000 pengunjung unik = page impressions/tayangan halaman 20000 per hari.
Tayangan halaman 20000 dikalikan dengan 2,5% Page CTR = 500 klik per hari untuk Iklan Google
500 klik dikalikan dengan $ 0,20 = $ 100.00 per hari.
$ 100.00 per hari = $ 3,000.00 per bulan. (30 hari)
$ 100,00 per hari = $ 36,500.00 per tahun. (365 hari)

Jika kurs dollar terhadap rupiah sebesar : Rp. 9,000.00
Maka penghasilan Anda sebulan : 3,000 x 9,000 = Rp 27.000.000,00
Dan dalam setahun ?........bayangin aja kawan berapa banyak angka nol yang harus saya ketik :)
This is a Power of Traffic !!!

Perhitungan diatas memang didasarkan pada asumsi, tapi bukan berarti hal yang mustahil untuk diraih. Kenyataanya banyak web/blog profesional yang mempunyai trafik bahkan melebihi 10000 pengunjung perhari, dan berpenghasilan lebih banyak lagi dari situs-situs mereka.

Penjelasan Google membayar Anda :

Jika diasumsikan vistor web/blog Anda melihat 2 halaman yang berisi iklan google kemudian anggaplah 2 tayangan (impressions) per pengunjung.
Page CTR 2,5% maksudnya dalam 100 halaman yang dilihat pengunjung dari web/blog Anda, sekitar 2,5 iklan akan diklik.
Kebanyakan iklan dibayar antara $ 0,01 dan $ 0,25 per klik, dan beberapa yang lain mungkin dibayar lebih banyak.
Google akan membayar kedua program AdSense yang ada diblog/web, baik itu AdSense untuk Konten dan juga AdSense untuk Pencarian.

Blogger.com adalah salah satu layanan hosting web gratis yang dimiliki oleh Google, maka sebenarnya jika memnggunakan blog yang berbasis Blogspot ini lebih mudah dalam hal pemasangan ads/iklan. 

This is a Power of Traffic !!!
Untuk mendapatkan lalu lintas/trafik yang merupakan kunci untuk membuat uang dari blog, Anda harus menemukan niche/topik yang baik, dengan "kata kunci" yang jitu pula. Anda dapat memanfaatkan Google keywords tools, untuk mendapatkan ide tentang niche/topik yang Anda pilih dan seberapa baik niche yang cocok untuk blog Anda.

Baiklah sobat, semoga tutorial pendahuluan mengenai makna Google AdSense bisa menambah pengetahuan AdSense kita semua. Dan jangan lewatkan pula tutorial Adsense ini yang saya buat menjadi beberapa seri di postingan selanjutnya.

Terima Kasih
Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

3 komentar

Makasi mas informasinya..benar benar bermanfaat. Tapi sayangnya saya masih sangat awam tentang hal ini( Blogging ). Namun saya sangat tertarik untuk mencoba. Bagaimana saya bisa dapat tutorial membuat blog yang menghasilkan?
Terima kasih mas..

REPLY

pada prinsipnya monetize blog (membuat pendapatan dari blog)cuma di trafik pengunjung yang banyak mas, semakin banyak tentu semakin besar penghasilan.
sering aja mas berkunjung, dan mampir diblog atau situs2 yang lebih bagus
thanks:)

REPLY

Begitu ya sob, makasih buat infonya nih..

http://landongobatherbal.com/obat-herbal-diare-kronis/

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|