Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

proBlogiz

Google AdSense tutorial

Tutorial Google Adsense beseri Cari Uang Dengan Google Adsense Pada Blogger.com adalah lanjutan atikel yang lalu dari Apa Google AdSense Itu? dimana tujuan diterbitkannya tulisan ini agar dapat menambah pengetahuan tentang program Adsense dan ikut partisipasi dalam hal memperoleh penghasilan dari blog, khususnya Blogger.com.
Menghasilkan uang di Internet kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan bagi sebagain orang, namun jika Anda orang yang mempunyai komitmen dan motivasi yang kuat, tidak ada yang bisa membatasi penghasilan Anda dari internet online earning ini. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, salah satunya cara yang terbaik adalah melalui Google Adsense. Blogger.com sebagai bagian layanan hosting blog gratis dari Google sendiri menawarkan hosting gratis dan template yang mudah digunakan untuk membuat sebuah situs, dengan fungsi built-in Adsense didalamnya.

Google Adsense on BloggerAdsense (Google Adsense) adalah iklan "pay per klik" dimana Pengiklan (advertisers) membayar Google untuk menjalankan dan mengelola iklan atas nama mereka, sementara penerbit web/blog dibayar sejumlah kecil setiap kali pengunjung mengklik iklan yang ditempatkan pada website/blog mereka. Oleh karena mari kawan bangun Blog-mu dan buatlah "Adsense-enabled blog" sendiri dan bekerjalah untuk mendapatkan penghasilan darinya.

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan

Langkah untuk Menghasilkan Uang Dengan Google Adsense di Blogger.com ini, saya rangkum menjadi beberapa instruksi dibawah ini, agar mudah dipahami dan di-implemantasikan dalam kegiatan nyata.

Tentukan konsep blog Anda

Pilih topik/tema blog dimana Anda memiliki pengetahuan/pemahaman yang cukup dan minat padanya. Seberapa besar blog/web menghasilkan uang bagi Anda, tentu tidak lepas dari lalu lintas/trafik blog. Dan ingatlah bahwa konten yang otentik,unik dan berkualitas akan membawa banyak pengunjung. Konten akan lebih baik jika Anda menguasai topik dan mempunyai minat pada apa yang Anda tulis. Sebagai contoh jika Anda seorang marketing, maka cobalah buat blog tentang cara menjual yang sukses.

Yang perlu Anda perhatikan ketika menentukan sebuah konsep tersebut, yaitu :
Berapa banyak blog yang menggunakan topik yang sama
Berapa banyak iklan Adsense yang tersedia untuk topik tersebut
Seberapa besar konsisten Anda untuk tetap menulis pada topik itu

Buatlah nama domain / branding blog Anda

Pilih nama yang berbeda, unik dan mudah diingat. Periksalah apakah nama yang Anda pilih tersedia pada Blogger.com, serta pada email dan Twitter. Jika tersedia, secepatnya Anda buat akunnya untuk mengamankan nama itu sebelum orang lain memakainya. Di Blogger.com, alamat URL Anda akan menyertakan kata "blogspot" (subdomain), tetapi Blogger juga menawarkan pilihan untuk penerbitan domain selain menggunakan blogspot ( hosting gratis). Jika nama yang Anda pilih tersedia sebagai sebuah domain dan Anda mampu untuk membayar biaya webhosting bulanan atau satu tahun, belilah domain itu. Buatlah avatar atau logo, dan gunakanlah logo itu sebagai jatidiri blog.

Bangunlah blog Anda

Luangkan waktu dan lakukan riset untuk meneliti dan melihat blog yang sukses dan pelajari lay-out blog mereka. Blogger.com memiliki template user-friendly yang mudah ditambahkan dengan gadget . Gunakan fitur seperti "Follower" widget yang memungkinkan orang untuk mengikuti blog Anda dan sharing setiap posting konten baru. Untuk perlindungan para pengiklan (advertisers), Adsense mensyaratkan bahwa blog Anda harus memiliki konten yang sah, jadi jangan monetize blog Anda dulu pada tahap awal membangun blog.

Buat konten berkualitas yang informatik

Menulislah dengan tata bahasa dan ejaan yang benar. Buatlah konten tulisan yang singkat, ringkas, bernilai yang membuat pembaca ingin untuk bookmark situs Anda dan kembali mengunjungi. Gunakanlah humor, tapi tetap yang profesional. Jangan gunakan kata-kata yang mengandung SARA, provokasi, atau kesan negatif, karena konten Anda setelah diterbitkan dapat dicopy dan disebarkan sebelum Anda memiliki kesempatan untuk mengedit atau menghapus. Pelajari dan lakukan SEO optimasi, yang merupakan seni merancang dan menulis konten web sehingga mesin pencari dapat menemukannya lebih mudah, dan tanamkan tulisan Anda dengan beberapa frase dan keyword yang relevan dengan topik Anda.

Perkaya blog Anda dengan citra

Buatlah citra di blog dengan memberi gambar atau foto. Anda bisa membeli stock foto, atau mengambil foto sendiri. Tapi ingatlah bahwa ketika Anda "klik kanan, save-as" foto apapun dari web adalah tindakan mencuri, kecuali yang secara khusus ditandai gratis/free untuk digunakan. Browsing dengan menggunakan kata "free" dan cari apakah gambar-gambar gartis tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Uangkan blog Anda

Masuk ke Blogger Dashboard Anda, klik pada tab "Earning", dan isilah informasi yang diperlukan. Adsense akan meninjau situs Anda untuk legitimasi dan konten yang layak. Setelah blog Anda telah disetujui, maka isilah blog dengan ads/iklan adsense.

Pahami kebijakan Adsense

Pelajari kebijakan Adsense dengan hati-hati, dan ikuti aturanya. Adsense menon-aktifkan akun tanpa pemberitahuan jika melanggar aturan dan kebijakan. Walaupun Anda bisa melakukan proses banding, tetapi tidak ada jaminan akun Anda akan dikembalikan. Sekali Anda kehilangan akun Adsense Anda, Anda tidak dapat membuatnya lagi.

Tempatkan iklan dengan tepat

Penempatan posisi iklan di blog sangat berpengaruh terhadap pengahasilan Anda. Tempatkan setidaknya satu iklan di posisi paling atas blog, sehingga pembaca Anda akan melihatnya tanpa harus ber-gulir ke bawah. Hindari memasukkan iklan terlalu banyak, karena hal ini akan membuat blog Anda tampak seperti spam.

Promosikan blog Anda

Promiskan di network on line, seperti situs media sosial Facebook dan Twitter atau lainnya. Tinggalkan komentar pada blog lain, jika komentar berkaitan tentang konten mereka --- jangan hanya komentar meminta mereka untuk mengunjungi situs Anda. Tambahkan alamat url blog ke email signature Anda, dan meminta teman-teman Anda untuk bergabung bersama.

Bekerjalah di blog Anda setiap hari

Menambahkan konten berkualitas secara teratur. Tiga tulisan berkualitas tinggi per minggu lebih baik daripada tiga tulisan cepat dan ala-kadarnya per hari. Pada hari-hari Anda tidak membuat postingan, cobalah untuk melakukan evaluasi dan riset untuk kebaikan blog Anda.

Tips :

Hindari terlalu banyak menerima informasi-informasi yang ada tentang "blogging for money" dengan tetap menjaga fokus pada topik dan rencana yang telah Anda buat. Dengan begitu Anda tidak akan merasa tertekan untuk belajar semuanya sekaligus.
Bersabarlah, dan ingat bahwa Anda tidak akan melihat pendapatan sebanyak yang Anda bayangkan pada awal -awal mengikuti program Adsense ini.
Jangan pernah mengklik iklan Anda sendiri atau memberitahu teman-teman dan keluarga untuk mengklik iklan Anda. Ini disebut klik tidak sah dan akan mengakibatkan penghapusan permanen akun Adsense Anda.

Itulah beberapa tip dari proBlogiz, dalam kaitan cara membuat blog Anda menghasilkan uang dengan  program Google Adsense, tentunya ada banyak yang mungkin saya lewatkan atau kekurangan dari panduan diatas. Dengan senang hati saya menerima saran atau ide yang lebih baik lagi.

Salaam

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

18 komentar

Moga sukses yang punya adsense ,,,,,, tapi saran saya seh lebih baik mencari uang ya yang secara real aja . jadi kuli atau apalah itu lebih pasti

REPLY

klo ngerasa blom hasil jadi kuli aja boz ,,, itu lebih pasti ,,, wlkwkwkwkwk

REPLY

@mas ihsan
ya sabar aja maz......hehe
@Alviz Stevano
ko baru muncul gan..
btw adsense di blog situ kemana?

REPLY

Ane barusan di banned gan ,,, byarin aja tara juga nongol lagi

REPLY

Baru kena banned adsense , eh langsung daftar lagi dengan blog yang sama langsung di Approve juga , gak nunggu sampai sehari gan .

REPLY

Terima kasih atas sharing dan informasinya...

REPLY

Terima kasih atas informasi dan nasehatnya...
Bermanfaat sekali...

REPLY

gan,mau nanyanih..
klau daftar google adsense ntu,,bayarnya sekali utk selamanya atau,per bulan,pertahun gan...trims.

REPLY

klo daftar GA mah gratis mas, disetujuinya itu yang sulit.
kalau udah diapprove/disetujui,google yang bayar anda, sbg komisi iklan yang dipasang di situs anda. (pembayaranya klo udah uang anda terkumpul min 100$, daftarnya kurang lebih sama dengan PPC lain
good luck ya:))

REPLY

makasih sharingnya sob... bisnis adsense memang menggiurkan, namun rawan banned ya, terus semangat bro

REPLY
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

bang bantu saya dong,. blom bisa nih pake AdSense.. hehehehe susah tau,, kalo minta bantu nih e-mail saya : dini.qurat@gmail.com

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|