Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

proBlogiz

Siapkah Blog Anda Untuk AdSense?
Tutorial Adsense ini akan membagi tip berguna mengenai 10 Hal Penting Sebelum Anda Mendaftar Google AdSense (GA), panduan praktis dan hal penting yang harus Anda lakukan sebelum mendaftar di Google Adsense. Persiapan yang harus dilkerjakan sebelum daftar AdSense, jadi ikuti panduannya dibawah ini dan persiapkan blog Anda agar diapprove Google AdSense

Daftar Google AdSense


Tidak bisa dipungkiri lagi, Google AdSense masih menjadi cara "primadona" bagi blogger dalam memperoleh pendapatan online dari blog-blog mereka. AdSense adalah cara yang cukup cepat dan sederhana bagi blogger untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten blog mereka. Membuat uang dengan AdSense mungkin mudah, tapi bagaimana dengan proses menuju kesana? Bagaimana memperoleh persetujuan atau di-approve oleh Google?


Google AdSenseAdSense (GA) adalah program periklanan 'kontekstual' yang dijalankan oleh Google Inc. dimana memungkinkan penerbit / pemilik blog menampilkan iklan yang berupa tekstual, video atau gambar pada halaman websitenya dan akan mendapatkan uang (earning) ketika pengunjung situs melihat dan mengklik iklan. Anda hanya perlu sebuah website atau blog yang layak dan Google melakukan sisanya.

Memperoleh pendapatan dari blog/web dengan program AdSense adalah hal mudah, tetapi proses agar blog disetujui setelah ditinjau tim aplikasi Adsense adalah hal lain, mereka telah membuat sistem persetujuan yang sangat ketat dan kesalahan kecil saja bisa menjadi kegagalan. Jika Anda ingin mendapatkan approve akun Adsense dalam sekali apply, maka silakan baca tip-tip berikut yang akan membantu Anda.

10 Hal Penting Sebelum Anda Mendaftar Google AdSense (GA)

1. Pasang Meta Tag

Lalu lintas adalah kunci untuk mendapatkan hasil sukses secara online. Jadi, sebelum mengajukan permohonan Adsense traffik atau lalu lintas blog harus menjadi prioritas.Untuk itu Anda harus menambahkan meta tag (Judul, Kata Kunci, Keterangan, dll). Letakkan meta tag di template blog Anda, tepatnya di bawah <head>. Kode Meta Tag seperti dibawah ini :

<meta content='JUDUL BLOG ANDA' name='title'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta content='DESKRIPSI BLOG ANDA' name='description'/></b:if>
<meta content='KEYWORDS HERE' name='keywords'/>
<meta content='AUTHOR NAME' name='author'/>63 characters With Spaces
<meta content='INDEX,FOLLOW' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='googlebot'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='content-type'/> 

Tip :
JUDUL BLOG ANDA : ganti dengan judul blog, disarankan max. 65 karakter dengan spasi.
DESKRIPSI BLOG ANDA : ganti dengan deskripsi blog, usahakan tidak lebih dari 157 karakter dengan spasi.
KEYWORDS HERE : ganti dengan kata kunci blog, disarankan max. 256 karakter dengan spasi dan dipisah dengan tanda koma.
AUTHOR NAME : gantilah dengan nama penerbit blog atau nama Anda.

2. Blog Traffic

Blog traffic atau lalu lintas situs sebaikanya minimal 300 visitor unik perhari, bahkan ada yang menyarankan lebih dari itu. Blog traffic ini dapat dibagi menjadi 2 :
  • Organic Traffic 
Organic Traffic berarti lalu lintas yang Anda dapatkan dari mesin pencari dan yang datang secara langsung ke situs Anda.
  • Inorganic traffic 
Inorganic traffic berarti lalu lintas yang Anda dapatkan dari media sosial seperti Google plus, Facebook, Twitter, dll.

3. Konten Berkualitas

Usahakan untuk menulis konten berkualitas di blog Anda dan jangan "copas" dari blog lain, karena ini adalah cara yang tidak profesional dan tidak disukai Google. Anda setidaknya mempublikasikan 50-60 postingan di blog Anda sebelum mendaftar akun GA. Ada yang menyarankan juga minimal 100 posting.

4. Length Of Posts

Atau panjang postingan, cobalah selalu membuat posting blog lebih panjang setidaknya terdiri 500-750 kata, karena umumnya mesin pencari tidak menyukai tulisan yang pendek atau sedikit. Dan juga jangan lupa untuk selalu cek tata bahasa konten, menghindari kesalahan ejaan, dll.

5. Google Webmaster Tools 

Untuk membantu Google untuk mengindeks semua halaman di blog Anda, Anda harus submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools 

  • Webmaster Quality Guidelines
Anda sebaiknya membaca pedoman dari Google dan buat blog Anda sesuai dengan pedoman kualitas:
http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769

6. Widget Yang Berguna

Gunakan beberapa widget berguna pada blog. Ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan lalu lintas anorganik dari situs media sosial seperti - Facebook, Twitter dan Google+,dll. Cobalah gunakan beberapa widget yang berguna dibawah ini :
  • Google+ Author Badge, Add to circles widget, dan Google+ button.
  • Subscription Box
  • Facebook Like Box
  • Social Sharing Buttons
  • Twitter Follower Button

7. Page untuk Adsense

Apa Page (halaman statis) yang diperlukan untuk Google Adsense? Jawabannya adalah About Us, Contact Us, Disclaimer and Privacy Policy. Pasanglah Page seperti itu di menu navigasi blog Anda.

8, Domain Age

Usia domain juga perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan permohonan akun Adsense. Menurut kebijakan Google, nama domain Anda harus berusia 6 bulan, namun jika blog Anda mempunyai lalu lintas besar dan mendapatkan pengunjung unik yang banyak setiap hari dari mesin pencari maka tidak harus menunggu selama 6 bulan akun Adsense akan diapprove.

9. Desain Blog

Tampilan blog yang sederhana jauh lebih baik daripada yang rumit, unik dan tidak umum, namun berantakan. Ini disebut pula sebagai desain yang profesional. Desain yang profesional memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan persetujuan di program Adsense. Beberapa unsur yang perlu diperhatikan agar tampilan blog lebih profesional antara lain:
  • Navigasi yang mudah dan simple.
  • Hindari distraction warna atau warna yang mengganggu pandangan.
  • Tersedia kotak pencarian yang mudah diakses .
  • Akses yang mudah ke halaman penting seperti Privasi, Disclaimer, About Us, Arsip, dll
  • Gunakan font yang familiar
  • Tersedia beberapa tombol sosial, profil Google Plus.
  • Sebutkan nama atau sesuatu tentang diri Anda di halaman situs sehingga tim Google Adsense dengan mudah dapat memverifikasi situs Anda.

10. Domain Blog

Untuk yang satu ini, domain blog, ada perbedaan pendapat dari beberapa Webmaster Expert. Ada yang menyarankan dengan sangat agar mengganti url situs dengan TLD (Top Level Domain) dari sub-domain seperti blogspot.com, co.cc, tk. dll. Menggunakan url sub-domain ( seperti Blogspot, Domain Co.CC, atau domain tk., kemungkinan aplikasi akun Adsense Anda akan ditolak dan memiiki approval rate yang rendah sekali.

Saya pribadi lebih tertarik dengan pendapat yang kedua, bahwa tidak ada yang salah dengan blog gratis (seperti Blogspot) atau dengan hosting murah. Tapi jangan pernah mencoba untuk mengajukan AdSense dan berharap untuk diterima, tanpa melakukan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu. Ini berarti domain dan hosting gratis seperti menggunakan sub-domain blogspot.com, mempunyai kesempatan untuk di-approve Adsense asalkan memenuhi kriteria dan kebijakan Google Adsense.

Bagi Anda yang lebih senang dan mampu dari segi finansial, Anda bisa menggunakan domain sendiri TLD (Top Level Domain), disarankan gunakanlah domain dengan ekstensi .com. Ada banyak situs yang menyediakan domain, hosting service. Dibawah ini beberapa situs popular yang dapat Anda coba untuk daftar nama domain dan hosting untuk blog Anda :
  1. www.hostgator.com
  2. www.godaddy.com
  3. www.bigrock.com
  4. www.mochahost.com

Catatan :
Gunakan alamat email yang valid dan nama asli lengkap saat melamar akun GA. Ini akan berkaitan dengan sistem pembayaran Adsense (pay out) kepada Anda nantinya.
Bila aplikasi Adsense Anda tidak disetujui (jika Anda telah apply sebelumnya) pasti ada alasan di balik itu.
Kesalahan bisa terjadi karena faktor manusia pada saat meninjau aplikasi Adsense Anda ... Jadi jangan berhenti mencoba!
Pertama-tama, tidak peduli berapa banyak jenis dan type iklan, tidak peduli seberapa baik sistem periklanan itu, tidak akan menghasilkan uang atau pendapatan apapun bagi Anda jika tidak bisa memperoleh pengunjung/visitor ke situs Anda. 

No Traffic! No Money !! baik dari AdSense maupun program periklanan yang lain

No Woman ! No Cry !! yang ini lagunya Bob Marley, bro :).. Peace!!

Selamat Mencoba Kawan!! Siapkan Blog Anda dan segera Apply for AdSense
Peace!!

Baca Juga :

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

19 komentar

Terima kasih infonya sahabat dan saya akan coba dari tips diatas. Terima kasi

Salam

REPLY

sama2 kawan
lama baru muncul nih :)

REPLY

ia sobat yang menjadi kendala internet saya lemot hehe sehingga susah untuk blogwalking...

oh,ia

Untuk menanggapi yang ingin bertukaran barner sementara saya belum sediakan tempat sobat, jadi saya masih pertimbangkan tempat bagi daftar barner sahabat nantinya.
jika sobat mau bertukar link teks silahkan sobat.

Terima kasih....

REPLY

saya dibanned mulu maen GA :3
pake lokal deh jadinya...

#salam kenal sob, maksih tipsnya ni :)

REPLY

ya memang ketat banget mas
gpp yang penting earning jg hehehe

REPLY

ntar akan saya coba, maksih tutorialnya

REPLY

saya mau buat blog gratisan tp blum bisa bisa mohon bantuannya

REPLY

blog yang gmn kang, klo blogspot kaya udh punya kan:)

REPLY

wah... gmn nih, ada ya yang butuh jasa adsense??

REPLY

terimakasih banak atas infonya sabat,, akan saya usahaka semaksilmal mungkin,,
kita belum tau kalo belum mencobanya,,
wasalam :)

REPLY

keren banget gan, maju terus

REPLY

Sulit dan ketat buat diterima di GA

REPLY

makasih atas info nya

silahkan kunjungi blog saya http://anakpba.blogspot.com

makasih

REPLY

Wah punyaku blogspot gan bisa di terima gak ya...?

REPLY

Yang penting sampaikan tulisan apa adanya, dengan begitu pengunjung juga mengetahui karakteristik penulis

REPLY

mkasih infonya gan....
kunjungi juga http://ahlibahasaarab.blogspot.com/

REPLY

makasih info nya gan.
kunbal ya : www.butateknologi.com

REPLY

bagus banget infonya...jadi bertambah wawasan nya.. :D
kunjungi juga http://abimmanyu981.blogspot.com/

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Blog Arsip

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|