Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

Cara Agar Bisa Tidur Pulas Seperti Bayi

sleeping baby 1Bisakah kita tidur pulas atau tidur nyenyak seperti layaknya bayi tidur?...mmmm....pasti menyenangkan jika kita dapat tidur seperti bayi, tanpa cemas, gelisah, atau pikiran yang selalu masih jauh melalang buana disaat kita berada di tempat tidur. Pertanyaannya bagaimana cara bisa tidur nyenyak seperti bayi?
Ya...kadang orang dewasa mejadi sangat susah dan bekerja keras hanya untuk bisa tidur di malam hari, dari pengalaman inilah proBlogiz ingin membagi informasi kesehatan Cara Tidur Seperti Bayi.
Masalah tidur dapat menjadi problem besar - jika Anda tidak bisa tidur dengan baik, karena tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik di siang hari. 

Saya Ingin Menjadi Bayi Lagi !!!....

Saya tertarik dengan gambaran "menjadi bayi lagi"- dipikiran saya itu memunculkan pandangan bahwa tidak hanya tidur dengan tenang dan pulas, tapi juga menjadi muda kembali secara ajaib, bebas perawatan, tanpa kekhawatiran yang biasanya melanda kita dan membuat kita gelisah dan tidak bisa istirahat di malam hari.

Tentu proBlogiz tidak memiliki pil ajaib yang akan membuat Anda muda lagi, tapi saya dapat menawarkan beberapa tip dan trik agar bisa tidur seperti bayi. Saya telah mengubah pola tidur saya beberapa kali, dan tahu bahwa hal itu sulit. Tidur merupakan bagian yang mendasar dari ritme tubuh, dan itu salah satu kebiasaan yang sulit untuk dirubah. 

Masalah Tidur 

Sebelumnya mari kita melihat beberapa masalah yang membuat orang berguling-guling di tempat tidur berjam-jam hanya untuk bisa memejamkan mata dan tidur pulas.

Belum lelah
sebenarnya pola tidur sudah diatur atau ter-program dengan sendirinya, sehingga Anda pada akhirnya akan tertidur pada waktunya, jadi jika Anda pergi tidur lebih awal, Anda tidak cukup lelah untuk jatuh tertidur.

Terlalu lelah 
ini juag bisa jadi penyebab kesulitan untuk tidur, bahkan cenderung menjadi masalah lebih sering terjadi daripada "belum lelah" .

Kekhawatiran 
Anda sedang mempunyai sesuatu pikiran yang berputar-putar di kepala Anda, sehingga ngantuk tidak kunjung datang. kadang-kadang memikirkan berulang-ulang sesuatu yang telah terjadi, atau perkataan seseorang, dan kadang juga sedang mengkhawatirkan tentang sesuatu akan datang / terjadi, atau perencanaan.

Komputer atau alat elektronik lainnya
jika Anda mempunyai komputer atau televisi, audio set di kamar tidur Anda, ini bisa jadi penyebab Anda susah pergi tidur walaupun lelah karena pikiran Anda masih terfokus pada alat-alat tersebut.


Tentu ada banyak masalah yang lain (setiap orang punya masalah yang berbeda) selain diatas, namun saya pilih penyebab masalah tidur diatas secara global atau umum, namun tidak menutup kemungkinan untuk Anda juga memberi saran atau ide yang lain kepada proBlogiz untuk di-sharing.

Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak Seperti Bayi

sleeping baby 2Jadi bagaimana kita memecahkan masalah di atas dan menjadikan tidur kita seperti layaknya bayi tidur? Saya tidak memiliki semua jawaban, tapi di sini ada beberapa hal yang telah berhasil saya terapkan pada diri saya sendiri :

  • Olah Raga
Olah Raga yang cukup di pagi atau sore hari baik atau lari, sepeda, berenang, saya sendiri suka main bola di sore hari, itu semua akan membuat Anda nyaman dan lelah. Latihan yoga yang baik adalah cara yang menyenangkan juga untuk dicoba, latihan yoga membuat Anda belajar mengontrol kesadaran pada saat yang sama. Jangan berolahraga tepat sebelum tidur.

  • Bangun pagi-pagi
Anda bisa mengatur jadwal tidur dan bangun lebih awal secara perlahan atau bertahap. Cobalah bangun 15 menit lebih awal dari biasanya selama seminggu, kemudian coba lagi 15 menit lebih awal dilain waktu. Jika Anda bangun lebih awal, tubuh akan sedikit lelah di siang hari, dan ketika tiba saatnya untuk pergi tidur, Anda akan menikmati dengan nyaman di tempat tidur.

  • Buatlah semacam ritual tidur
Dibutuhkan waktu untuk membuat tubuh dan pikiran bisa relaks dan santai. Setidaknya satu jam sebelum tidur, mulailah berhenti melakukan aktifitas yang perlu konsentrasi tinggi. Matikan komputer, audio dan televisi, sikat gigi bisa membuat kita nyaman. Singkirkan hal-hal yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari. Berbaring dan membaca buku ringan (bukan pada laptop). Ini semacam ritual yang bisa membantu membangun pikiran Anda bahwa sekarang sudah waktunya untuk tidur, dan tubuh Anda mengambil isyarat ini dan mulai mempersiapkan diri.

  • Buatlah kamar Anda hanya untuk tidur
Jangan makan, menonton TV, menggunakan komputer Anda, atau melakukan kegiatan  lain  di kamar Anda. Jauhkan juga kegiatan di kamar tamu dan ruang makan, sehingga ketika Anda pergi ke tempat tidur, hanya ada satu hal yang harus dilakukan. Pastikan untuk membuat cahaya ruangan gelap atau redup karena tubuh Anda bereaksi terhadap cahaya.

  • Tenangkan pikiran
Setelah Anda telah melakukan ritual tidur tadi , dan tubuh Anda terasa nyaman dan lelah, tenangkan pikiran. 
Pada saat menenangkan diri di tempat tidur, ada yang menggunakan cara dengan tutup mata dan membayangakan hal-hal yang indah tuntuk dikerjakan di hari ini. Visualisasikan hal-hal indah yang ingin Anda lakukan secara rinci. Saya pribadi tidak pernah bisa melewati jam pertama sebelum aku benar-benar tertidur.


Bersabarlah dalam melakukan perubahan kebiasaan tidur- memang hal sulit, karena ketika kita lelah, pikiran kita tidak memiliki disiplin untuk tetap pada perubahan itu. Tubuh dan pikiran kita ingin melakukan apa yang sedang dipikirkan. Tetapi jika Anda mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan tidur, dan memberikan kesempatan pada diri dan tubuh kita, maka Anda akan berhasil membuat perubahan.

Saya harap ini membantu. Saya mengakui bahwa saya tidak selalu tidur nyenyak - kadang-kadang saya sulit tidur, tapi ketika saya menggunakan metode ini, dan selalu dapat mengatasi masalah tidur.

Tidur adalah sebuah karunia yang semua teman-teman harus mendapatkannya. Tidur adalah hal yang sangat dibutuhkan agar kita untuk benar-benar kembali bekerja dan beraktifitas dengan nyaman dan maksimal keesokan harinya.


Tidurlah Seperti Bayi !!!


Salam proBlogiz
Saya mau tidur dulu.......Zzzz ZzzzZzz.......Zzzz:)
Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

6 komentar

Wah kayak nya susah neh gan ,, taulah kalo udah waktunya utak utik blog suka lupa dratan . eh lupa waktu


oy gimana neh jarang berkunjung ke blog ane sekarang

REPLY

ok thanks mas bro:)
udah ke tkp

REPLY

hahah.,satu tambahan,.,habis itu tuh.,bisa juga ngebuat tidur pules les les

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|