Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

Menguasai Sebuah Bahasa Asing Dalam 90 Hari

Cara belajar dan menguasai sebuah bahasa asing dalam waktu 90 hari-Strategi Cepat  Belajar Bahasa 

If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his own language, that goes to his heart.’ ~Nelson Mandela


Pernahkah anda mengalami momen dimana anda dihadapkan pada situasi harus berkomunikasi dengan seseorang warga negara asing yang tidak bisa menggunakan bahasa asli Anda?

Atau mengalami peristiwa dimana anda dituntut untuk menjelaskan sesuatu yang penting kepada orang asing?

Mungkin juga hanya sekedar ingin berkenalan, atau membahas masalah bissnis anda dengan orang asing?

Ada banyak sekali statement atau pertanyaan yang mungkin muncul berkaitan dengan komunikasi menggunakan sebuah bahasa asing.

Menguasai Sebuah Bahasa Asing Dalam 90 Hari mungkin mempunyai nilai kesulitan yang berbeda bagi setiap orang. Bagi orang yang jenius atau boleh dikata orang yang memiliki IQ value diatas rata-rata tentu untuk belajar dan menguasai sebuah bahasa asing dalam waktu 90 hari bukanlah hal yang luar biasa, namun bagaimana bagi orang yang biasa-biasa saja? jelas perlu melakukan rencana dan teknik yang matang dan jitu.

Tidak sedikit orang di dunia saat ini yang telah menguasai sedikitnya 5 atau bahkan lebih bahasa asing sebagai second language selain bahasa ibu mereka sendiri.

Orang-orang seperti Alex Rawlings dan Ray Gillons, menguasai satu bahasa asing saja ternyata tidak cukup. Mereka adalah contoh poliglot atau orang yang mampu berbicara banyak bahasa. Contohnya saja Rawlings, mahasiswa Oxford University yang menguasai 11 bahasa di usianya yang masih 20 tahun. sedangkan Ray Gillons, dari 18 bahasa asing yang dikuasainya, Gillons fasih berbicara dalam delapan bahasa, sementara 10 lainnya terbatas hanya pada bahasa percakapan.

Seringkali, orang-orang yang memiliki "bakat" mempelajari bahasa juga dihadapkan pada dua pilihan dalam belajar bahasa: fasih dalam sedikit bahasa atau memfokuskan penguasaan bahasa hanya dalam satu aspek saja, semisal oral.

Sementara itu, di seluruh dunia, diperkirakan ada 7.000 bahasa. Sebanyak 2.200 di antaranya dapat ditemukan di Asia, sedangkan Eropa memiliki 260 bahasa.

Menurut UNESCO, bahasa yang paling banyak digunakan di dunia berturut-turut adalah Mandarin, Inggris, Spanyol, Hindi, Arab, Bengali, Rusia, Portugis, Jepang, Jerman, dan Perancis.

Keuntungan Bilingualism atau dapat berbicara dalam dua bahasa

Menjadi bilingual ( menguasai dua bahasa ) dapat membuka dunia baru-dunia orang yang berbeda, budaya yang berbeda, dari emosi yang berbeda.

Belajar bahasa kedua memiliki manfaat kognitif yang banyak. Dengan belajar bahasa baru dibuktikan dapat menunda Alzheimer, kemampuan otak semakin meningkat, mengurangi bias kognitif, dan bahkan meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk menghilangkan gangguan atau masalah. Kemampuan Anda untuk membangun kebiasaan yang lebih baik akan meningkat dengan belajar bahasa baru.

Tapi diluar dari efek kognitif diatas, kemampuan untuk berbicara bahasa kedua memiliki banyak sekali manfaat sosial. sebagai contoh rasa bahagia jika memiliki kemampuan untuk memesan makanan menggunakan bahasa ibu sipelayan, untuk menguping orang berbicara dalam lift?......hehe waduh!!, untuk bisa lebih berbaur dan beradaptasi dengan berbicara dan memahami mereka.

Hal yang paling menarik tentang belajar bahasa asing atau bahasa kedua adalah tahap selanjutnya yaitu membuat belajar bahasa ketiga, keempat, atau kelima jauh lebih mudah. 

Strategi Dasar Belajar Bahasa Dengan Cepat

Belajar sebuah bahasa asing bisa tampak menakutkan, sebuah gambaran strategi umum akan sangat membantu, sebelum kita masuk ke dalam spesifik. Berikut adalah langkah-langkah dasar belajar sebuah bahasa asing dengan cepat.

Dapatkan sumber daya yang tepat untuk belajar: Sebuah buku tata bahasa, software menghafal kata, dan film / buku.

Dapatkan tutor pribadi. Setidaknya selama sebulan, disarankan empat jam / hari. 

Mencoba untuk berbicara dan berpikir hanya dalam bahasa yang sedang dipelajari. Setiap kali Anda lupa sebuah kata, masukkan kata itu ke dalam software menghafal Anda. Praktekkan kosakata sehari-hari.

Cari teman-teman, mitra bahasa, dan pembicara lainnya dari bahasa yang sedang dipelajari. Setelah memiliki basic bahasa dengan tutor pribadi Anda, Anda perlu mencari mitra lain. Jika perlu, pertimbangkan tentang pindah ke negara di mana bahasa tersebut digunakan. Pertimbangkan kelas kelompok. Praktek terus menerus. Berhentilah berbicara dalam bahasa ibu sendiri.

Itulah strategi dasar. Sekali lagi, strategi ini bersifat intensif, karena belajar dan menguasainya bahasa asing dalam tiga bulan adalah hal yang sulit. 

Jika Anda lebih memilih untuk belajar bahasa lebih lambat atau Anda tidak memiliki kemampuan untuk pindah ke negara baru dan praktek 4-8 ​​jam sehari, maka Anda dapat memodifikasi rencana. Sangat penting bahwa Anda berlatih setiap hari, namun-20 menit sehari jauh lebih baik dari sekali atau dua kali seminggu.

Sumber Daya Yang Diperlukan Dalam Belajar Bahasa

Dalam rangka untuk belajar bahasa, Anda akan memerlukan beberapa item yang Anda bisa gunakan untuk berlatih. Berikut adalah sumber daya yang disarankan.
  • Sebuah buku tata bahasa yang bagus 
Hal ini penting jika Anda ingin belajar bahasa. Saya sarankan seri Grammar Esensial Dover: buku-buku yang sangat murah, ringkas, dan menyeluruh. 
  • Sebuah buku frase
Hal ini mirip dengan kamus, tapi untuk frase. Anda dapat mulai menghafal kalimat penuh dan frasa, dan secara alami akan mempelajari kata-kata individual. 
  • Kamus online
Untuk romans bahasa secara umum, saya sarankan wordreference.com.  Google Translate dapat berguna sebagai suport penunjang. Gunakan kamus online tersebut untuk lebih hemat.
  • Sebuah software / aplikasi untuk menghafal
Anda harus menghafal kosakata dan selalu menempatkan kata-kata baru di app Anda, dan dipraktekkan setiap malam.

Jika menggunakan Mac, cobalah app Genius
Atau untuk PC os Windows cobalah app Anki .
  • Private tutor
Jika Anda tidak dapat menemukan siapa pun di daerah Anda atau mereka terlalu mahal, coba Edufire.com . Edufire adalah sebuah website yang memungkinkan Anda untuk mengambil kelas privat dan kelompok secara online melalui Internet. Sekali lagi, ingat, pelajaran privat sangat penting.
  • Mitra bahasa dan tutor gratis 

The Mixxer adalah sumber daya yang luar biasa. Ini adalah situs yang memungkinkan Anda untuk terhubung, melalui Skype, dengan mitra bahasa di seluruh dunia. Dengan memilih bahasa asli Anda, dan apa yang hendak Anda pelajari, maka Mixxer akan menemukan mitra dengan kebutuhan yang berlawanan (yang berbicara bahasa target Anda dan yang ingin belajar bahasa asli Anda).
Atau Anda bisa juga mecoba Couchsurfing.org dan Meetup.com untuk menemukan mitra belajar bahasa Anda.

Skema Rencana Menguasai Bahasa Asing Dalam 90 hari

Rencana ini untuk mencapai penguasaan kefasihan bahasa, atau setidaknya berbicara tingkat tinggi, hanya dalam 90 hari, tetapi membutuhkan fokus yang intens. Jika Anda tidak memiliki kebebasan untuk fokus fulltime untuk belajar bahasa, tidak apa-apa, tapi prosesnya akan memakan waktu lebih lama dari 90 hari. Hanya pastikan bahwa Anda terus berlatih setiap hari, jika tidak Anda akan kehilangan pengetahuan bahasa baru Anda dengan cepat.

Hari 1-30

Tiga puluh hari pertama sangat penting dalam belajar bahasa baru, untuk melibatkan diri semaksimal mungkin.
Idealnya sangat direkomendasikan pindah ke sebuah negara di mana bahasa tersebut digunakan jika Anda ingin belajar bahasa dalam 90 hari. Ini akan membantu Anda masuk ke dalam pola pikir pembelajaran bahasa, dan akan memungkinkan untuk mengelilingi diri Anda dengan bahasa baru. Jika Anda mampu untuk pindah ke negara baru, cobalah untuk hidup dengan keluarga angkat. Anda akan belajar banyak nantinya.

Selama bulan pertama, cobalah belajar one on one dengan tutor pribadi Anda, bukan dalam kelas kelompok. Kelas kelompok atau grup memungkinkan Anda untuk menjadi malas, sementara tutor pribadi fokus memberi pelajaran.

Hal penting: Anda harus menjadi pembelajar yang aktif. Kebanyakan orang membiarkan diri mereka untuk diajarkan saja tetapi Anda harus mengambil peran aktif dalam mengajukan pertanyaan. 
Mulailah menghafal 30 kata dan frase per hari. Kenapa 30? Karena dalam 90 hari, Anda harus meguasai 80% dari bahasa baru

Anda perlu belajar sekitar 3000 kata untuk mencapai 80% lebih dari kosa-kata ... mungkin cukup sebelum Anda dapat mulai belajar kata-kata dengan mudah dengan konteksnya. Dengan menghafal 30 kata / hari, Anda akan belajar hampir 3000 dalam 90 hari.

Gunakan mnemonik untuk membantu mengingat dan menghafal kata-kata.

Hari 31-60

Setelah bulan pertama , saatnya Anda untuk fokus dengan membuka diri terhadap bahasa sebanyak mungkin. Setelah sebulan les privat, Anda akan memiliki kemampuan untuk menggunakan percakapan dasar.

Jika tutor pribadi Anda semakin mahal, Anda bisa mempertimbangkan mecari kelompok kelas advance –untuk menghemat uang dan memberikan Anda akses ke teman-teman lain yang sedang belajar bahasa. Cobalah untuk membuat aturan untuk berbicara dalam bahasa baru sebanyak mungkin. 

Jika memungkinkan, carilah pacar………. haah? pacar ?
Ya benar……carilah pacar yang merupakan native speaker. Belajar bahasa adalah jauh lebih mudah ketika Anda sedang berpacaran dengan seseorang yang berbicara bahasa target Anda. Ada sebuah cerita tentang seorang pria Inggris yang berbicara fasih bahasa Rusia, dan ketika ditanya berapa lama waktu untuk belajar bahasa Rusia, ia menjawab, 'dua istri. " 

Sekarang adalah saatnya untuk mulai mencari mitra bahasa. Periksa kembali bagian Sumber Daya di atas dan penggunaannya. Mixxer dan Couchsurfing untuk menemukan orang-orang yang berbicara bahasa yang ingin dipelajari.Cobalah untuk menghabiskan beberapa jam setiap hari berlatih bahasa Anda. 

Cobalah membaca buku sederhana dalam bahasa target dan menggaris-bawahi kata-kata yang Anda tidak tahu. Anda dapat menambahkannya ke app menghafal Anda. Terus belajar 30 kata dan frase per hari.

Hari 61-90

Pada hari 60, Anda harus berada dalam posisi yang baik untuk berbicara bahasa baru. Anda hanya perlu untuk terus berlatih. Membuat percakapan yang lebih dalam dengan mitra bahasa Anda. Cobalah untuk pergi keluar dengan mereka sebanyak mungkin

Lanjutkan belajar 30 kata per hari dan berlatih yang telah Anda pelajari, dan Anda akan mendekati 3000 mark kosakata-cukup untuk berbicara bahasa baru mendekati fasih.

Sekarang, Anda dapat mulai menonton TV dan membaca buku-buku dalam bahasa target Anda. Menyewa beberapa DVD dalam bahasa asing dan mencoba untuk mengikuti. 

Terus fokus pada bahasa selama beberapa jam per hari, dan pada akhir bulan, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa. Ini sangat menakjubkan apa yang dapat Anda lakukan hanya dalam 90 hari dengan fokus yang intens.

Kesimpulan

Selamat! Anda telah melakukannya

Anda belajar menguasai sebuah bahasa asing hanya dalam waktu 90 hari. Bagian yang terbaik adalah bahwa Anda akan merasa jauh lebih cepat untuk belajar bahasa berikutnya. Anda telah melakukan bagian-yang paling sulit bagaimana untuk belajar bahasa.

Anda membuat keterampilan baru. Belajar sebuah bahasa baru adalah tentang membangun kebiasaan-kebiasaan baru dalam hal berpikir dan berbicara dalam bahasa baru. Dan sekali Anda menyempurnakan satu bahasa, Anda telah meletakkan dasar untuk melakukan sesuatu lebih lagi .

Bayangkan, pada saat Anda bertemu dengan seorang pelayan atau turis dari Italia atau Meksiko atau Yunani atau dari negara manapun, Anda bisa mulai berbicara, menceritakan tentang lelucon, dan membuat seseorang tertawa dalam bahasa mereka sendiri. Sungguh merupakan kegembiraan dan pencapaian yang tak ternilai.


artikel diatas terinspirasi dari sebuah pengalaman pribadi Maneesh Sethi, seorang pemuda 24 th
yang telah menguasai  5 bahasa : English, Italian, Spanish, Portuguese, and German. 

Artikel Terkait Lainnya:
Click here for comments

13 komentar

saya telah follow blog agan . bisa gak follow back

REPLY

ok thanks.....i follow u too

REPLY

Thx ya infonya,,sangat bermanfaat sekali gan....

REPLY

wuihhh...niat paling penting ni dan gak boleh malas belajar. :)

REPLY

Wah ! Aku harus terus belajar lebih giat nih , target ku belajar bahasa Korea mudah2 kecapai dalam 90 Hari #amin
mkasih.a ats postingan.a :) (kamsahamnida)

REPLY

ya mas mudah2 tercapai
sayonara:)
wah itu bhs nippon ya.hehe

REPLY

@Sergei Pratama, @sera
terima kasih kembali:)

REPLY

Saran nya bagus... ... tp klo saya g bisa 90 hri langsung menguasai...tutor ny gak ada hehee
Rikorp.blogspot.com

REPLY

kalo penulis sendiri butuh berapa hari nih? hehehe :) #kepoaja >,<

REPLY

Metodenya sih bagus(y) cm msalahnya gw sulit cari tutor dsini
!

REPLY

Silahkan Berkomentar
Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
Convert Kode HTML sebelum disisipkan

Convert

Google+ Followers

Submit email Anda, dapatkan update artikel:


Like Me

Artikel Terbaru

|Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|