Penting!! Sobat Blogger yang ingin re-post atau menulis kembali artikel kami diblog/website Anda, harap lihat halaman DISCLAIMER ( beberapa blog telah diproses di Google Removal Content ) Setiap tindakan pelanggaran hak cipta (COPAS) akan dilaporkan, TANPA pemberitahuan.

iPhone 5: ulasan lengkap dan tuntas-review desain, fitur,kinerja dan teknologi

iPhone 5


iPhone 5Salam proBlogiz, kesempatan kali ini saya akan mengulas informasi atau review produk ponsel iPhone terbaru, iPhone 5: ulasan lengkap dan tuntas. Ulasan atau review lengkap dan tuntas iPhone baru ini, mencakup desain, fitur, kinerja dan teknologi. Anda bisa membandingkan perbedaan mendasar antara iPhone 5 dengan iPhone 4S yang juga disertakan pada ulasan kali ini.

iPhone 5 adalah iPhone- tercepat, paling tipis dan paling ringan, produk iPhone Apple terbaru dan sudah mulai diluncurkan iPhone 5 pada Jumat (21/9), di beberapa negara tertentu, yang kemudian pada akhir pekan ini akan segera tersedia di 22 negara, dan 100 negara pada akhir tahun.

iPhone 5iPhone 5 yang telah ditunggu sejak tahun 2010 telah menambahkan segala sesuatu yang kita inginkan dalam iPhone 4S: seperti sistem operasi baru iOS 6, retina display dan jaringan 4G LTE, layar lebih besar, free turn-by-turn navigation, prosesor A6 quad-core yang lebih cepat, desain body yang lebih tajam, ramping , fitur baru, bahkan SIM card-nya pun tidak lagi menggunakan micro SIM melainkan Nano SIM. Semua itu diciptakan agar fanboy ( julukan penggemar iPhone ) tidak kecewa dengan kehadiran iPhone 5.

Desain New iPhone ini benar-benar didesain ulang baru misalnya flat-out yang indah, nyaman untuk dilihat dan dipegang, headphone earpod berada dalam satu tempat. Konektor lebih kecil dengan jumlah pin lebih sedikit tapi menawarkan performa yang baik saat digunakan mentransfer file. Ini benar berbeda dengan iPhone pendahulunya iPhone 4S. iPhone 5 juga memberikan sejumlah perubahan misalnya Smart SIRI, dan passbook, dompet digital yang bisa menyimpan gift card, pass boarding, dan tiket.


Lihat juga Slideshow dan Video iPhone 5             Slideshow


iPhone5 vs iPhone4S

Perbedaan mendasar antara iPhone 5 dengan iPhone 4S


    Pada iPhone 5 sudah mendukung jaringan 4G network sedangkan iPhone 4S masih belum mempunyai jaringan 4G ( walaupun di Indonesia sendiri belum mendukung pemakaian jaringan 4G ).
    iPhone_5_vs_iPhone_4SDesain iPhone 5 memiliki dimensi lebih besar ketimbang iPhone 4S. Lebih ringan dan tipis
    Layar iPhone 5 berukuran 4 inchi dengan resolusi 640 x 1136 pixel sedangkan layar iPhone 4S hanya memiliki layar 3,5 inchi beresolusi 640 x 960 pixel.
    iPhone 5 dibekali dengan memori internal sebesar 16/32/64 GB sama seperti iPhone 4S namun memiliki perbedaan pada kapasitas RAM. iPhone 5 memiliki RAM sebesar 1GB sedangkan iPhone 4S hanya 512 MB. Bisa dipastikan bahwa kemampuan multitaskingnya akan lebih unggul Apple iPhone 5.
    Walaupun pada kamera, masih memakai kamera 8 megapiksel. Bedanya iPhone 5 memiliki kamera depan 1.2 megapiksel sedangkan iPhone 4S hanya VGA.
    iPhone 5 sudah memakai chipset prosesor A6 quad-core yang tentunya lebih cepat dibandingkan iPhone 4S yang masih menggunakan prosesor A5 dualcore.

    Dari perbandingan diatas jelas iPhone 5 sangat berbeda dengan iPhone 4S, beberapa upgrade yang dilakukan mulai dimensi dan spesifikasi lain dapat dipastikan membuat iPhone 5 lebih bertenaga.


     iPhone 5Mungkin Anda bertanya dalam pikiran Anda, apakah iPhone 5 sama menyenangkan dan futuristic seperti iPhone 4 atau iPhone original? Apakah juga seperti game smartphone? jawabanya adalah Tidak
    Jika ingin layar yang lebih besar, Anda bisa mengandalkan Samsung Galaxy S3. Jika Anda lebih tertarik dengan performa baterai yang lebih baik, gunakan Droid Razr Maxx.

    Tapi jika Anda menginginkan sesuatu lebih, desain besar yang cantik dengan mencakup semua basis smartphone. Seperti MacBook dalam dunia laptop, new iPhone (iPhone 5) adalah salah satunya, yang unggul dari semua aspek.

    New Desain iPhone 5

    Tampilan: Tipis, metal, ringan


    slim iPhone 5Anda mungkin akan terkejut melihat betapa ringan dan tipisnya ponsel ini, walaupun iPhone 5 memiliki ukuran dan layar yang lebih besar dari iPhone 4S. Ukuran layar lebih panjang dan tampilannya lebih halus, sehingga memberi ruang ekstra untuk menaruh short cut aplikasi. Pada posisi landscape, keyboard jadi lebih nyaman untuk digunakan dan menonton video jadi lebih lega. Salah satu kendalanya adalah game jadi tidak fullscreen, dan ada jeda kedua sisi aplikasi game. Sebentar lagi mungkin akan ada perubahan strategi dari pengembang game untuk menciptakan resolusi jadi lebih tinggi sehingga terlihat lebih tajam dan lebih hidup.

    Bodi yang terbuat dari bahan logam membuatnya jadi perangkat paling premium jika dibandingkan dengan Nokia Lumia 900 maupun Samsung Galaxy S3. Tapi, memiliki ukuran paling kecil diantar kedua smartphone tersebut yang masing – masing menggunakan sistem operasi Windows Phone dan Android. 

    Sepintas sulit untuk membedakan tampilan samping iPhone 5 dengan iPhone 4/4S karena terlihat sangat mirip. Mulai dari tata letak tombol volume yang sama membulat, slot SIMCard, dan “irisan” bodi samping. Yang membedakannya adalah ukuran, iPhone 5 lebih panjang namun slot SIM Card lebih kecil.

    Sedangkan di bagian belakang, kita tidak akan lagi menjumpai Gorilla Glass seperti pada iPhone 4S dan menggantinya dengan logam. Tampilan dua nada warna ini tampak baru berbeda dari iPhone sebelumnya yang polos mulai dari atas sampai bawah. Apple menyatakan bahwa logam tersebut berbahan almunium sama seperti yang digunakan pada laptop MacBook

    Layar 4-inch : semakin panjang bukan melebar

    Dari yang semula hanya 3,5 inchi beresolusi 960×640 pixel berubah berubah menjadi 4 inchi 1.136 x640-pixel, perubahan layar semakin memanjang bukan melebar (wide screen). Meski lebih besar, teknologi retina mampu mempertahankan ketajaman layar bahkan lebih tajam dari iPhone sebelumnya.
    iPhone 5
    Penggunaan iMovie, iPhoto, Pages, Numbers, Keynote, GarageBand, iCards, dan semua aplikasi built in iPhone 5 (Maps, Pengingat, Pesan, Foto, Kamera, Video, Cuaca, Passbook, Notes, Saham, Kios, iTunes , App Store, Game Center, Kontak, Kalkulator, Kompas, Voice Memos, Mail, Safari, Musik, dan telepon) dapat ditampilkan dengan sempurna. Bahkan ruang yang lebih luas ini menjadikan tampilan aplikasi jadi lebih baik. 

    Untuk pemakaian video (video playback) memiliki kelebihan karena aspek rasio baru 16:9 mengurangi atau menghilangkan letterboxing di seluruh screen dalam modus landscape. Penggunaan Video YouTube tampak hebat, namun ada beberapa seperti Pixar "Wall-E," masih memiliki letterboxing karena mereka di-shoot dalam aspek rasio CinemaScope superwide (21:9), tetapi tetap terlihat jauh lebih besar daripada sebelumnya - dan Anda masih dapat memperbesar dengan sekali tekan pada layar.

    4G LTE: lebih cepat

    LTE iphone5IPhone 4S tahun lalu memiliki subtle network untuk 3.5G (terdaftar sebagai "4G" pada iPhone 4S iOS 5.1), yang menawarkan kecepatan data yang lebih cepat pada AT & T. IPhone 5 akhirnya mengadopsi LTE yang lebih cepat, dan bergabung dengan kebanyakan smartphone lainnya di pasaran dan bahkan seperti New iPad 3 (Di sudut atas iPhone, indikator layanan berbunyi "LTE" ketika sedang aktif.). Penggunaan LTE-AT & T LTE membuat kinerja seperti panggilan Face Time lebih cepat dan memuaskan, sehingga jika dibandingkan Wi-Fi jelas lebih cepat waktu network koneksinya dan lebih stabil.

    Suport jaringan EDGE dan UMTS / HSPA) dan CDMA / EV-DO tergantung pada iPhone 5 Anda membeli, LTE iPhone 5 ini menggunakan sebuah chip tunggal untuk suara dan data, sebuah chip radio tunggal, dan "antena dinamis" yang akan beralih hubungan antara jaringan yang berbeda secara otomatis.


    Lihat juga Slideshow dan Video iPhone 5         Video

    Kamera

    cameraKamera di bagian belakang sudah mengalami tweak sehingga terasa seperti kamera baru. Meski masih 8 megapiksel, teknologi safir crystal lens ini dapat menyesuaikan pencahayaan, stabilisasi gambar termasuk pada rekaman video 1080p, dan stabilitas saat panning pada panorama.

    Kamera pada iPhone 5 dapat mengambil gambar yang sangat baik, sedikit lebih baik daripada sebelumnya. iPhone 5 memberi gambar yang lebih jelas pada cahaya rendah, lebih koheren, pada resolusi grainier dan gambar yang luar biasa rinci bila diambil dalam kaeadaan terang,(banyak cahaya). dan ini membuktikan iPhone 5 memeilki nilai lebih dalam hal kamera daripada iPhone 4S.

    Kinerja- Processor A6

    Walaupun belum jelas berapa jumlah core pada prosesor A6, bisa jadi dual core atau quad-core seperti prosesor yang booming baru – baru ini. Yang jelas kecepatan prosesor ini 2 kali lebih cepat dari prosesor A5 yang tertanam pada iPhone 4S. Beberapa pengujian dalam sebuah tayangan video, dimana pada saat menyentuh aplikasi secara bersamaan, iPhone 5 akan membuka terlebih dahulu. Sayangnya saat proses booting, kami lihat iPhone 4S lebih dulu menyala ketimbang iPhone 5.
    iPhone 5

    Baterai iPhone 5 

    Jadi satu tanda tanya besar, dengan ukuran lebih tipis, lebih ringan, dan tambahan jaringan 4G LTE, bagaimana kemampuan baterainya ? Lebih tepatnya sampai berapa lama iPhone 5 mampu bertahan hidup jika seluruh fiturnya diaktifkan ? Jawabannya adalah tidak terlalu mengecewakan. Apple menjanjikan masa pakai 8 jam waktu bicara 3G, 8 jam browsing 3G, 8 jam browsing LTE, 10 jam Wi-Fi browsing, 10 jam pemutaran video, 40 jam pemutaran musik, dan 225 jam waktu siaga. 


    Itulah  iPhone 5: ulasan lengkap dan tuntas dari proBlogiz mengenai produk Apple terbaru, yang sebentar lagi akan dapat Anda nikmati di Indonesia. Ulasan atau review lengkap iPhone 5 diatas saya rangkum dari beberapa situs review yang terpercaya seperti : Cnet, Techradar, dan Engadget.dan Eragadget.

    Sudah siapkah Anda?.....
    Semoga bermanfaat kawan.

    Artikel Terkait Lainnya:
    Click here for comments

    1 komentar :

    Mantab banget ulasannya. Di tunggu ulasan yang lainnya...

    REPLY

    Silahkan Berkomentar
    Komentar/pertanyaan Sesuai Topik, Please NO SPAM, NO Promotion Links
    Convert Kode HTML sebelum disisipkan

    Convert

    Google+ Followers

    Submit email Anda, dapatkan update artikel:


    Like Me

    Artikel Terbaru

    |Copyright © 2013| Problogiz |All Rights Reserved|